Sabang Daerah Pertama di Bangun Gedung Pusat Pelayanan GIS

oleh -70 views

Sabang (Atjeh Daily) – Kota Sabang daerah pertama pembangunan gedung pusat pelayanan Geographic Information System (GIS).

Kepala Badan Informasi Geospasial Prof Ir Hasanuddin Z.Abidin, kemarin telah melakukan peletakan batu pertama sebagai tanda dimulainya, gedung GIS di Sabang.

Pembangunan gedung tersebut terletak di areal kantor Bappeda Gampong Cot Ba’U Kecamatan Sukajaya Kota Sabang.

Pembangunan gedung GIS ini merupakan yang pertama dibangun di wilayah Provinsi Aceh.

Dengan angggaran bersumber dari dana otsus senilai Rp 2 Miliar lebih, dan pengawasan penggunaan nantinya di bawah pengelola Bappeda Kota Sabang.

BACA..  Status "Positif Covid-19" Diragukan, Nova Iriansyah Diminta Ksatria

GIS adalah lembaga  sistem komputer yang memiliki kemampuan untuk membangun,  menyimpan, mengelola dan menampilkan informasi bereferensi geografis, misalnya data yang diidentifikasi menurut lokasinya dalam sebuah database.

Hal tersebut dikatakan. Kepala Badan Informasi Geospasial Prof Ir Hasanuddin Z.Abidin, kepada Wartawan usai acara peletakan batu pertama pembangunan Gedung GIS Jumat kemarin.

Menurut Hasanuddin, teknologi Geographic Information System (GIS) dapat digunakan untuk investigasi ilmiah, pengelolaan sumber daya, perencanaan pembangunan, kartografi dan perencanaan rute.

BACA..  Majelis Pemuda Aceh Dukung KPK Basmi Korupsi di Aceh

Kegunaan teknologi GIS (Geographic Information System) untuk menunjang pembangunan suatu daerah akhir-akhir ini dirasakan semakin besar dan memiliki manfaat yang cukup besar.

Pasalnya, hampir semua aspek pembangunan menggunakan data-data yang bereferensi geografis dalam penerapannya.

Oleh karena itu, seiring dengan perkembangan teknologi pemetaan yang semakin sempurna menampilkan rupa muka bumi yang dapat menjangkau seluruh wilayah di dunia.

Demikian juga di Aceh dan Kota Sabangy khususnya dalam rangka perencanaan dan pemetaan potensi pengembangan daerah, peran dan pemanfaatan dari teknologi GIS sangatlah penting, sehingga penguasaan terhadap teknologi ini pun menjadi keharusan bagi aparat pemerintah yang notabene adalah salah satu unsur pelaksana pembangunan di daerah ini.

BACA..  Majelis Pemuda Aceh Dukung KPK Basmi Korupsi di Aceh

“Saya berharap selesai pembangunan gedung GIS tahun 2017 nanti kiranya, bisa memberikan manfaat besar sekaligus dapat mengaplikasikan ilmu yang telah didapat dan menjadi pengelola data-data bereferensi geografis untuk menunjang pembangunan Kota Sabang,”pintanya.(jalal)