KIP: Cek Daftar Anggota Parpol Untuk Hindari Pencatutan Nama

oleh -51 views
Khairul Akyar Ketua KIP Bener Meriah.

 GOOGLE NEWS

BENER MERIAH, ATJEHDAILY.ID Komisi Independen Pemilihan (KIP) Bener Meriah meminta masyarakat berhati-hati ihwal kemungkinan nomor induk kependudukan (NIK) dicatut partai politik sebagai kader untuk pendaftaran calon peserta Pemilu 2024.

Mahyuzar yang membidangi Divisi Program dan Data menjelaskan, “Publik bisa mengecek sendiri untuk memastikan NIK dicatut parpol atau tidak lewat situs resmi infopemilu.kpu.go.id Pemilu/Cari_nik”.

Caranya, masyarakat tinggal memasukkan NIK di fitur cek anggota parpol. Kemudian sistem akan mencocokkan NIK yang dimasukkan warga dengan data NIK yang dimasukkan partai dalam daftar keanggotaan partai yang terdaftar dalam Sipol (Sistem Informasi Partai Politik).

“Di sana akan langsung terlihat apakah orang tersebut terdaftar sebagai anggota partai politik atau tidak”, ujarnya.

Ini mekanisme transparansi yang dilakukan oleh KPU/KIP kepada publik untuk mengecek dirinya apakah terdaftar atau tidak di partai politik.

Ini juga sebagai bahan masukan kepada kami melakukan verifikasi administrasi nanti setelah pendaftaran dilakukan, sebut Mahyuzar.

Jika ada masyarakat merasa dirinya tidak pernah menjadi anggota partai politik tetapi terdaftar, ujar Mahyuzar, masyarakat bisa melapor. Pengaduan berupa formulir tanggapan itu dapat diakses dalam situs yang sama.

Berdasarkan Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, partai politik bisa menjadi peserta pemilu jika memenuhi sejumlah persyaratan, di antaranya mencakup jumlah kader.

Syarat pendaftaran diatur dalam Pasal 173 Ayat (2) antara lain harus memiliki anggota sekurang-kurangnya 1.000 orang atau 1/1.000 dari jumlah penduduk pada kepengurusan partai politik yang dibuktikan dengan kepemilikan kartu tanda anggota.

Ketua KIP Bener Meriah, Khairul Akhyar mengatakan Pendaftaran parpol calon peserta Pemilu 2024 merupakan wewenang KPU RI dan Partai Lokal wewenang KIP Aceh.

Namun KIP Bener Meriah juga menyediakan layanan helpdesk parpol, bagi mereka yang ingin berkonsultasi terkait pendaftaran, verifikasi, hingga penetapan peserta Pemilu.

Tapi layanan (helpdesk) ini tetap kami buka Senin-Minggu, mulai pukul 08.00 WIB sampai 17.00 WIB. Konsultasi juga dilayani melalui daring atau online, bisa dengan mengirimkan e-mail atau via WhatsApp, sebut Khairul Akhyar ( Abdul Rahman).