Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Pemkab Aceh Utara Gelar Upacara HUT Proklamasi Kemerdekaan  RI KE-76

oleh

Lhoksukon (AD) Pemerintah Kabupaten Aceh Utara menggelar upacara memperingati HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-76 dengan menerapkan aturan protokol kesehatan yang ketat, berlangsung di halaman Kantor Bupati di Landing Kecamatan Lhoksukon, Selasa, 17 Agustus 2021, pukul 07.00 WIB.

Kegiatan ini berlangsung dengan khidmat, dengan dihadiri oleh sekitar 70 orang peserta upacara. Selain Bupati H Muhammad Thaib, juga dihadiri Ketua DPRK Arafat Ali, SE, Kepala Kejaksaan Negeri Aceh Utara Dr Diah Ayu HL Iswara Akbari, SH, Komandan LANAL Lhokseumawe Letkol Marinir Dian Suryansyah, SE, Ketua Pengadilan Negeri Lhoksukon Fauzi, SH, MH, Ketua Mahkamah Syar’iyah Lhoksukon Sayyed Sofyan, SHI, MH, Wakapolres Lhokseumawe dan Wakapolres Aceh Utara, serta Pabung dari Kodim 0103/Aceh Utara. Selain itu, juga hadir pada Kepala SKPK, para Camat dan Kabag jajaran Pemkab Aceh Utara.

Bertindak selaku Inspektur Upacara Bupati H Muhammad Thaib, Perwira Upacara Fauzi Saputra SIP (Camat Baktiya Barat), Komandan Upacara Erlan Safari Ginting, SSTP (Staf BPKD), pembaca Al-Quranulkarim Tgk Muhammad Yanis, SPd.I, Paskibra sebanyak tiga orang masing-masing Darian Nur, Sigit Satria, Yovis Muhammad Alifsyah dibawah asuhan pelatih Sofyan, S.Sos (Wakil Kepala sekolah SMPN Buket Hagu Kecamatan Lhoksukon), lagu Indonesia Raya dipimpin oleh Quriati Karima.

Sedangkan pembacaan Teks Proklamasi dilakukan oleh Ketua DPRK Aceh Utara Arafat Ali, SE, Pembaca Teks Pembukaan UUD 1945 oleh Sudadi, SE, dari Pengurus DPD KNPI Aceh Utara, dan diakhiri dengan pembacaan doa oleh Kepala Kantor Kemenag Aceh Uta Drs Salamina, MA.

Pelaksanaan upacara memperingati HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-76 kali ini berlangsung cukup sederhana karena untuk menghindari wabah Covid-19. Pemerintah Pusat telah mengeluarkan surat edaran khusus terkait aturan-aturan pelaksanaan upacara agar dilaksanakan dengan sederhana, serta dengan menerapkan Protkes bagi seluruh peserta upacara.

“Alhamdulillah, meskipun dilaksanakan secara sederhana dan jumlah peserta yang terbatas, kegiatan upacara HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-76 dapat berlangsung dengan khidmat dan sukses,” ungkap Bupati H Muhammad Thaib.

Seusai mengikuti upacara bendera, Bupati H Muhammad Thaib bersama pejabat Forkopimda Aceh Utara kemudian mengikuti upacara pengibaran bendera secara virtual dari halaman Istana Presiden di Jakarta. Kegiatan ini melalui video conference dari ruang kerja Bupati Aceh Utara di Landing Kecamatan Lhoksukon.

Karena masih dalam kondisi pandemi Covid-19 terdapat beberapa agenda rutin dalam rangka HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-76 yang ditiadakan oleh Pemkab Aceh Utara, di antaranya kegiatan ramah tamah dengan para warakawuri, veteran dan Pejuang Angkatan ’45. Bupati juga tidak menghadiri upacara pemberian remisi kepada Napi di Lembaga Pemasyarakatan Lhoksukon.

Selain di halaman Kantor Bupati di Landing, upacara HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-76 dalam jajaran Pemkab Aceh Utara juga dilaksanakan secara sederhana di halaman seluruh kantor SKPK dan dihadiri oleh staf SKPK terkait.(Sayed Panton).