banner 700250

Kapolres Sabang Bina dan Silaturahmi Dengan Mantan Kombatan GAM Wil-PAS

oleh -367 views

Sabang (AD) – Pada momen hari kemerdekaan dan tingkatkan hubungan sesama anak bangsa Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Sabang Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Muhammadun,SH, melakukan pembinaan dan silaturahmi dengan para mantan kombatan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) Wiliyah Pulau Aceh – Sabang (Wil-PAS).

Kapolres Sabang melalui Kasat Intelkam Ajun Komisaris Polisi (AKP) Ismy Sutrisna mengatakan, kita sekarang sedang merayakan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke 75 tahun 2020, pada momen ini kita ambil hikmah, dengan melakukan pembinaan dan silaturahmi dengan saudara-saudara kita mantan kombatan GAM Wll-PAS.

“Sekarang kita kan sedang memperingati HUT RI ke 75 maka, momen ini lah yang kita ambil untuk bersilatirahmi sekaligus saling koordinasi dalam rangka membangun keamanan dan kenyamanan negari ini” kata AKP Ismy.

BACA..  Ibu TP PKK Bireuen Ikut Bimtek

AKP Ismy menjelaskan, selian melakukan pendekatan secara kekeluargaan pihaknya juga akan melakukan kerjasama dalam pembinaan pengembangan ekonomi bagi mantan kombatan GAM Wil-PAS.

“Kita juga mencoba melakukan pengembangam ekokomi dibidang pertanian dan perikanan misalnya, memanfaatkan lahan yang ada untuk ditanam tanaman produktif serta memelihara ikan dilingkungan merekan yang memiliki sumber air” jelasnya.

BACA..  Tim Puldata Kajian Progja dari Pusterad Kunjungi Kodim 0103/ Aceh Utara

Sementara itu mantan kombatan GAM senior Wil-PAS Syukri alias T Bayu, mengapresiasi atas apa yang telah dilakukan dan diberikan Kapolres Sabang AKBP Muhammadun,SH, terhadap kehidupan kami mantan pejuang GAM.

“Saya atas nama pribadi dan keluarga besar mantan kombatan GAM Wil-PAS, mengapresiasi apa yang telah dilakukan bapak Kapolres Sabang, karena kami tidak pernah meminta dana tetapi yang kami harapkan adalah saran dan petunjuk dan binaan” kata T Bayu.

Bayu kepada Pemerintah Kota Sabang khususnya Aceh pada umum ia mengharapkan, agar tidak melupakan mantan-mantan pejuang GAM, Napol dan Tapol yang telah mematuhi perjanjian dan penandatanganan MoU Helsinki 2005 silam. Karena, kami semua butuh makan dan tempat tinggal yang layak, sesuai butir-butir yang ada dalam MoU itu sendiri.

Semoga silaturahmi dengan Kapolres pada peringatan hari kemerdekaan ini, kami para mantan kombatan GAM khususnya yang ada di wilayah Pulau Aceh dan Sabang, benar-benar mersakan merdeka dapat hidup memadai dari sisi ekonomi dan memiliki rumah yang layak.

“Kami tidak bukan butuh uang tetapi yang kami butuhkan lapangan kerja seperti yang diajarkan Kapolres kepada kami. Pemerintah Kota Sabang, mohon dibantu rumah bagi mantan kombatan GAM Wil-PAS, Napol dan Tapol sesuai yang diatur dalam perjanjian yang telah dilakukan tahun 2005 lalu”, harap T Bayu.

Kontributor Sabang : Jalaluddin