Transparan Dalam Proses Pembagian Tanah HGU PT. CA

oleh -367 views

Abdya (AD) – Gerakan Abdya Sejahtera (GERANAT) Kabupaten Aceh Barat Daya, Rabu (17/06/20) melakukan aksi demonstrasi di kantor Bupati Aceh Barat Daya. Demontrasi tersebut digelar dalam rangka momentum refleksi dua tahun kepemimpinan Akmal dan Muslizar.

Dalam aksi tersebut, ada beberapa tuntutan yang disuarakan oleh GERANAT kepada pemegang kekuasaan Abdya itu, salah satun tuntutannya tercantum mengenai tanah Hak Guna Usaha PT.Cemerlang abadi (HGU-PT.CA) yang telah dicabut izin sebagai tanahnya oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) serta Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Republik Indonesia.

Koordinator lapangan demonstrasi Noval Abizal kepada awak media mengatakan, pihaknya menyorot persoalan tanah PT.CA tersebut karena tidak memiliki kejelasan, kemana dan siapa penerima tanah yang akan dibagikan mengingat regulasi dan aturannya belum ditetapkan.

Beberapa waktu lalu Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Abdya bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) setempat dalam rapat kerja dengan Bupati telah membahas persoalan pembagian tanah HGU tersebut. Pembahasan seputar siapa dan kalangan mana yang menerima walaupun masih sebatas wacana dan para wakil rakyat di Abdya sudah sepakat untuk dibagikannya
, kata Noval Abizal, dalam rilisnya yang diterima media ini.

Pihaknya, meminta kepada Pemkab Abdya untuk segera menyelesaikan persoalan tanah tersebut dengan mempercepat membuat regulasi dan aturannya supaya tanah itu bisa dibagikan kepada masyarakat Abdya

Selain kita juga, perlu melihat bahwasanya pembagian itu harus berjalan dengan efektif dan transparan tentang siapa dan kalangan yang berhak memilikinya.

Lahan yang luasnya kurang lebih 1000 hektar itu, harus fokus dibagikan kepada masyarakat miskin yang berada diclaster ekonomi menengah kebawah, jangan sampai menimbulkan konflik baru, dimasa-masa pandemi covid 19 ini, berladang adalah salah satu upaya untuk menjaga stabilitas ekonomi masyarakat menengah kebawah., harapnya.

Perosalan tekhnis pembagian lanjut Noval, Pemkab Abdya paham dan yang terpenting mengedepankan transparasi dan kelayakan tentang siapa yang berhak dan tidak berhak menerimanya.

Senior Organisasi GERANAT ini juga mengapresiasi langkah yang Dilakukan oleh Pemkab Abdya, DPRK serta Forkopimda dalam menindak lanjuti tentang HGU 1.000 Hektar tersebut. Mengingat lahan yang akan dibagikan ke masyaraka memiliki efek yang positif bagi rakyat Abdya., imbuhnya. (Rls/Jalal).