Semangat Menuntut Ilmu Agama Sejak Usia Dini Akan Mewujudkan Negeri Syariah

oleh -29 views
example banner

example banner

Oleh | Yeni Marlinda

Anak- anak merupakan penerus bangsa dimasa yang akan datang, mereka adalah harapan bangsa kita dalam menghadapi berbagai gejolak rintangan dan tantangan yang akan terjadi dikemudian hari. Mereka akan menjadi pemimpin-pemimpin besar dalam berbagai bidang baik ilmu pengetahuan, agama, ekonomi dan sebagainya. Maka dari itu sudah kewajiban kita sebagai orang dewasa membekali mereka ilmu-ilmu yang bermanfaat mulai dari usia dini sampai dewasa terutama sekali perbanyakan mengajar kepada mereka ilmu-ilmu agama serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya.

Dengan dibekali ilmu agama mereka akan menjadi pribadi yang lebih baik dan akan mengetahui kejahatan dan keburukan yang akan mereka lalui dikehidupan ini serta mengetahui mana yang baik dan mana yang tidak baik untuk dilakukan. Dengan dibekali ilmu agama mereka akan mengetahui mana yang wajib dan haram untuk di lakukan, artinya tingkat kejahatan di suatu negeri akan berkurang bahkan tidak ada lagi kejahatan di negeri yang sudah menerapkan prinsip Syariah dari segala bidang baik di bank, instansi, pemerintah maupun di bidang apapun itu.

Keutamaan menuntut ilmu ialah dapat menjadikan seseorang mengerti dan mengetahui hal-hal yang baru, serta akan menambah wawasan seseorang di bidang lainnya, Orang yang berilmu akan mendapatkan kedudukan yang tinggi di dunia ini dikalangan masyarakat. Dia senantiasa akan mendapat perlakuan yang baik di dunia dan akan selalu dihormati dan disegani oleh semua orang. Tidak jauh beda hal nya menuntut ilmu agama, seseorang akan di angkat derajatnya oleh Allah, dan orang yang berilmu agama akan diberi kebaikan dunia dan akhirat serta ilmu bisa menjadikan amal jariyah dan akan memudahkan seseorang mendapatkan surganya Allah.

Syariah merupakan jalan hidup muslim yang mematuhi perintah atau ketetapan-ketetapan Allah dan ketentuan rasulnya baik berupa larangannya maupun berupa perintahnya meliputi seluruh aspek kehidupan masyarakat. Negeri Syariah akan tercipta apabila seluruh masyarakat mempunyai pengetahuan tentang ilmu agama dan mau menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, adapun hal yang akan terjadi negeri yang menerapkan prinsip islami akan lebih menjadi damai dan tentram karena tidak ada lagi kejahatan dimana-mana dan akan adanya keadilan bagi seluruh masyarakat.

Peran orang tua bagi anak-anaknya yaitu senantiasa orang tua harus bijak dalam menentukan kemana arah dan tujuan anaknya yang ingin dicapai. Terutama orang tua harus lebih mengenalkan ilmu agama daripada duniawi kepada anak-anaknya sejak usia dini misalkan lebih menekankan anaknya pergi mengaji ke dayah-dayah atau ke balai pengajian terdekat. Ilmu duniawi hanya sebatas saja, jangan menjadikan ilmu duniawi sebagai hal yang utama karena meraka akan menjadi lupa akhirat nantinya.

Peran masyarakat ialah senantiasa mendukung dan mengikuti program-program keagamaan serta memberikan contoh yang baik misalkan terus mengikuti pengajian-pengajian rutin yang telah dilaksanakan di desa masing-masing, serta memberi dukungan kepada anaknya masing-masing untuk terus berkarya dan berkembang untuk memberi hasil yang terbaik di dalam mempelajari ilmu-ilmu pengetahuan terutama ilmu agama.

Peran guru juga sangat penting dalam proses belajar mengajar seorang anak, guru yang mahir dalam bidang ilmu keagamaan sangat menentukan bagaimana cara anak-anak memahami akan ilmu tersebut. Seorang guru wajib mengajarkan hal-hal yang baik dan benar kepada para muridnya dan selalu sabar menghadapi berbagai karakter murid yang berbeda-beda. Seorang guru harus menguasai cara melatih murid menjadi percaya diri dan menyukai menuntut ilmu agama.

Proses pembelajaran ilmu ilmu agama

Semangat menuntut ilmu agama yang begitu besar dimulai dari usia dini akan membuat mereka sadar akan manfaat ilmu dan kegunaannya tersebut dikehidupa nya kelak, baik di dunia maupun diakhirat. Semua anak sangat lah pintar dan tiada diantara mereka yang bodoh, tinggal orang tuanya saja yang harus mengarahkan sekaligus mendukung dan menyemangati anaknya untuk pergi menuntut ilmu, terutama sekali ilmu agama. Hal ini akan berguna untuk masa depannya nanti untuk menghadapi kehidupannya, dengan menciptakan semangat belajar ilmu agama maka kelak mereka akan menjadi tokoh-tokoh agama yang memiliki peran penting di dunia, dan akan menjadikan negeri Syariah dimana tiada lagi kejahatan-kejahatan yang terjadi dimana-mana.

Ilmu agama sangat penting kita tanamkan dalam kepribadian di kehidupannya sehari-hari agar sekaligus dapat mempraktekkan langsung dikehidupa nya sedikit-sedikit sejak mulai sekarang. Salah satunya belajar Al-quran yang dimulai belajar juz amma, dan belajar ilmu tajwid, kitab-kitab seperti kitab fardhu ain, kitab masailal, kitab akhlak dan kitab-kitab lainnya. Semua pelajaran sangat lah penting salah satunya seperti belajar ilmu tajwid, hal tersebut dapat membetulkan bunyi bacaannya sekaligus mengetahui isi-isi makna Al-quran. Maka dari itu sangat penting mempelajari ilmu tajwid agar benar cara membaca Al-quran. Dan mempelajari kitab akan berguna juga dikehidupa nya kelak, didalam kitab terdapat hukum-hukum atau cara-cara yang dapat dilakukan dalam kehidupan sehari-hari seperti cara membersihkan diri, sholat yang benar, cara berpuasa dan belajar adab-adab terhadap orang tua, guru, teman-teman dan dalam bermasyarakat, dan akan mendapatkan ilmu-ilmu yang berguna sekaligus bisa membaca tulisan-tulisan kitab dan menerjemahkan isi kitab tersebut dan akan mengajarkannya kembali kepada penerus-penerus lainnya kelak.

Praktek Sholat

Selain mempelajari ilmu agama secara teori, praktik juga salah satu cara agar mereka mengetahui bagaimana cara melakukannya dengan baik dan benar. Mereka akan lebih mudah memahami bagaimana cara mengerjakannya dan menerapkannya dalam kehidupannya masing-masing. Selain itu dengan adanya praktik mereka akan senantiasa lebih bersemangat dan giat dalam belajar karena terjauh dari kata bosan, dan mudah mempelajari banyak hal yang baru yang berkaitan dengan ilmu keagamaan.

Dengan melatih membentuk karakter anak- anak sejak usia dini yaitu melatih ilmu keagamaan akan menjadikan negeri yang islami yang menjunjung tinggi nilai-nilai islam dan ilmu pengetahuan agama yang sudah ada sejak dahulu, dengan dibekali ilmu agama mereka tidak akan membuat negeri ini menjadi kekacauan, sebaliknya akan membuat negeri menjadi islami yang menerapkan hukum syariah.(*).

Penulis : Yeni Marlinda
Prodi : Manajemen Keuangan Syari’ah
Fakultas : Ekonomi dan Bisnis Islam
Institusi : IAIN Langsa