Kegiatan Posyandu di Masa Pandemi Covid-19

oleh -54 views
example banner

example banner

Oleh | Nurul Izzah

Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu) merupakan kegiatan kesehatan dasar yang diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat yang dibantu oleh petugas kesehatan. Sebagai ujung tombak layanan kesehatan dasar masyarakat hingga ke pelosok desa, Pos Pelayanan Terpadu (posyandu) terus meningkatkan kegiatan pelayanannya, tidak hanya untuk para ibu dan balita, tapi juga warga lanjut usia (lansia). Posyandu harus terus melakukan pelayanan terpadu untuk warga lanjut usia, bina keluarga balita, pelayanan informasi dan konsultasi keluarga.

Posyandu di gampong Bukit Meriam menjadi garda terdepan dalam melayani kesehatan masyarakat dan membantu masyarakat di masa pandemi, hal ini disebabkan letak gampong yang jauh dari rumah sakit dan puskesmas kota. Oleh karena itu, Posyandu di gampong terebut menjadi tulang punggung sekaligus corong informasi terdekat bagi pemerintah dalam mendekatkan diri kepada masyarakat untuk bisa memberikan informasi kesehatan yang tepat, cepat dan lengkap dan memudahkan masyarakat dalam memperoleh layanan kesehatan.

Posyandu gampong Bukit Meuriam merupakan salah satu cara masyarakat desa dalam memerangi dan memutus rantai penyebaran Covid-19 pada usia-usia rentan penularan. Poyandu menjadi garda terdepan upaya kesehatan masyarakat terutama dalam mencegah terjadinya kematian ibu dan bayi, stunting, masalah kesehatan lingkungan, dan penyakit tidak menular di masa pandemi Covid 19. Adapun kegiatan utama posyandu di desa Bukit Meriam adalah Mengecek kesehatan ibu dan anak (KIA, Memantau keadaan gizi dan kesehatan keluarga, Immunisasi, Keluarga berencana (KB),Penanggulangan Diare,Dan penanggulangan berbagai penyakit lainnya seperti Diabetes, kolesterol, termasuk Covid-19.

BACA..  Serda Muntazar Bantu Bersihkan Lahan Petani Cabe

Di tengah pandemi Covid 19 Posyandu di Gampong Bukit Meuriam tetap dilaksakan seperti biasa. Tentu saja itu sudah melalui persetujuan dan telah berdiskusi dengan pihak yang bersangkutan seperti Bidan desa dan Kepala desa. Posyandu yang diadakan sebulan dua kali yaitu posyandu balita dan lansia itu dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan mulai dari penggunaan masker, seperti para ibu bisa mengantarkan balitanya menggunakan masker, menjaga jarak, dan cuci tangan dengan air yang mengalir dan ditempat pelayanan posyandu juga disiapkan tempat cuci tangan.

Dikarenakan jumlah masyarakat yang sedikit maka tidak ada masalah jika posyandu dilaksanakan seperti biasa, Para kader posyandu juga tidak memiliki kendala dalam menjalankan posyandu pada masa pandemi. Hanya saja terkadang masyarakat masih kurang memahami bagaimana cara menerapkan protokol kesehatan yang benar. Karena adaptasi baru ini maka para kader terus mengedukasi masyarakat sekitar memberikan penyuluhan terkait pencegahan Covid 19 dan terus memberikan pelayanan kesehatan kepada Ibu dan anak walaupun di masa pandemi. Para tenaga kader posyandu juga sigap dalam mendeteksi dini setiap persoalan kesehatan yang dihadapi masyarakat, mulai dari mengecek kadar gula, mengecek kolestrol,mengecek HB serta mengukur tinggi dan berat badan, sekaligus menjadi ajang sosialisasi protokol kesehatan.

Dengan kegiatan tersebut, kader posyandu di desa ini juga memberi himbauan kepada para lansia untuk selalu menjaga kesehatan. Mengkonsumsi makan makanan bergizi seperti sayur mayur dan buah buahan. Ini merupakan upaya untuk menjaga imunitas tubuh bagi para Lansia. Para lansia juga diminta mengurangi kegiatan di luar rumah dan menghindari tempat kerumunan dan keramaian. Dalam kegiatan itu juga dilakukan penyuluhan terkait upaya pencegahan penyebaran Covid-19 yang biasanya disampaikan saat kunjungan dari kepala Puskesmas Peureulak Timur seperti pembiasaan pola hidup bersih dan sehat (PHBS), social distancing, dan memelihara imunitas tubuh. Tidak hanya menghimbau saja, tetapi para kader juga aktif dalam membagikan makanan berupa cemilan sehat seperti bubur, telur, dan buah buahan.

BACA..  Serda Muntazar Bantu Bersihkan Lahan Petani Cabe

Selama memasuki tahun baru yaitu 2021 posyandu di desa Bukit Meuriam hanya dilaksanakan sebulan sekali yang didalam nya terdapat posyandu balita dan lansia sekaligus. Oleh karena itu, masyarakat setempat sangat memanfaatkan dengan adanya kegiatan posyandu tersebut terlihat dari bagaimana antusias masyarakat yang selalu datang ke tempat pelaksanaan posyandu dilaksanakan guna untuk memeriksakan kesehatan mereka.(*).

Penulis : Nurul Izzah
Prodi : Manajemen Keuangan Syari’ah
Fakultas : Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Langsa
Peserta KPM Tematik 2021