PNA Aceh Besar Siapkan Caleg Jauh Hari untuk Pemilihan Legislatif 2019

oleh -78 views

Aceh Besar |AP– Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Nasional Aceh (PNA) meminta Dewan Pengurus Kecamatan (DPK) PNA untuk mulai mencari tokoh dan figur yang akan diusung maju di Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 mendatang.

Walau saat ini, masih tahun 2017, namun menurut Ketua DPW PNA,  Nasri hal itu perlu dipersiapkan dari sekarang, sekaligus untuk mengantisipasi jika aturan baru soal caleg wajib dari kader partai minimal setahun, diberlakukan oleh pemerintah pada Pileg 2019 nantinya.

“DPK PNA Kabupaten Aceh Besar harus aktif mencari caleg di tiap Gampong dari sekarang. Dengan mencari tokoh yang berpengaruh, dan perpotensi untuk menang di Pileg 2019 nanti. Karena kemenangan caleg juga merupakan uapaya peningkatan elektabilitas partai kita,” kata Nasri kepada wartawan di Kantor baru DPW PNA jalan Bundaran Lambaro, Jum’at (17/3/2017) uasai acara pertemuan Dewan Pengurus Kecamatan (DPK) PNA se- Aceh Besar.

Sebagaimana diketahui, ada usulan pemerintah untuk undang-undang Pemilu, dimana, salah satu syarat untuk menjadi caleg adalah, minimal 1 tahun menjadi kader partai, baru bisa mencalonkan menjadi calon legislatif.

“Sehingga jika ada tokoh yang dikenal yang ingin maju menjadi calon legislatif tidak bisa muncul begitu saja gunakan partai, lalu menang dan duduk di legislatif, tapi harus berada di partai dulu, paling tidak satu tahun. Makanya kita mempersiapkan dari sekarang, jika aturan tersebut jadi diberlakukan untuk Pileg 2019,” imbuhnya.

Selain itu, rapat yang dipimpin langsung oleh Nasri tersebut juga membahas tentang kesiapan DPW PNA jelang verifikasi di Komisi Pemilihan Umum (KPU), yang diperkirakan akan dilaksanakan pada pertengahan atau akhir tahun 2017 mendatang.

“Kita memantapkan struktur sampai bawah. Karena itu, kita juga mengundang, ketua, sekretaris, bendahara. Apalagi kita juga ada struktur baru, baik di DPW atau pun DPK,” imbuhnya.

Dikatakan Nasri, secara keseluruhan struktur partai sudah penuh terisi sejak tahun 2014 lalu. Namun berjalannya waktu, ada pengurus yang mengundurkan diri, keluar dari partai karena tidak menang di pemilihan legislatif 2014, dan alasan lainnya.

“Itu kemudian yang kita perbarui, dan disusun kembali, jadi kita tinggal pemantapan saja. Untuk Pileg 2019 ini, memang harus dari jauh-jauh hari kita persiapkan, agar persiapan kedepan semakin matang,” kata Nasri.

Seluruh pengurus partai DPK PNA Kecamatan se-Aceh Besar tampak hadir dalam kesempatan acara kegiatan konsolidasi sebagai penguatan ideologi, struktur dan infrastruktur partai untuk pemenangan Pemilu 2019. Selain kesiapan struktur, syarat lainnya untuk ferivikasi di KPU adalah kesiapan kantor, mulai dari DPP, DPW, hingga DPK.

Acara yang dihadiri Sekjen DPP PNA Miswar Fuadi, Ketua MPW DPW PNA Marwan Muhammad, Ketua DPW PNA Aceh Besar, Nasri dan Sekretaris DPW PNA Abdul Mutalib disambut dengan antusias oleh pengurus PNA di kecamatan se-Aceh Besar. Ini dapat dilihat banyaknya kader-kader yang hadir di acara konsoliidasi sebagai penguatan ideologi, struktur dan infrastruktur partai PNA Aceh Besar untuk pemenangan Pemilu 2019 nanti,”tutup Nasri.[DW]