Enam Damkar Dikerahkan Untuk Menjinakkan Api Kebakaran Tiga Toko di Sabang

oleh -68 views
example banner

example banner

Laporan | Jalaluddin Zky

Sabang (AD) – Enam unit mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) dikerahkan untuk menjinakkan api yang menghanguskan tiga toko, di Jalan Perdagangan, Gampong Kuta Barat, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang, pada Rabu (17/02/21).

Kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Muhammad Amin, SE disela-sela kesibukan pemadaman api kepada awak media mengatakan, kebakaran diketahui terjadi pukul 09.40 WIB. Dan api dari toko dan g Sejiwa milik Lien Auchin (60) sangat cepat menyambar ke toko Melati milik Rismini (39).

Api tersebut terlihat dati diruang belakang toko Sejiwa, tidak diketahui pasti penyebab kebakaran namun, dugaan kuat akibat arus.pendek listrik di bagian ruang paling belakang toko., kata Muhammad Amin.

Dijelaskannya, api begitu cepat menyambar ke bagian depan toko dan menyalar ke toko sebelahnya yang salah satunya merupakan gudang penyimpanan barang milik toko Sejiwa.

“Untuk memadamkan api BPBD dan Pemadam Kebakaran kota Sabang mengerahkan tiga unit Damkar, satu unit Damkar milik BPKS, satu unit Damkar milik Lanudal dan satu unit Damkar Bandara Maimun Saleh” jelas Muhammad Amin lagi.

Lebih lanjut diterangkan, sejumlah mobil tangki air untuk mensuplai dari sumber air ke mobil Damkar juga ikut terlibat seperti armada milik PDAM, DLKH, Kodim 0112/Sabang dan mobil masyarakat yang biasanya menjual air bersih.

“Tim Pemadam Kebakaran Kota Sabang dibantu oleh sejumlah armada kebakaran milik Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS), Lanudal Sabang, Bandara Maimun Saleh Sabang, Kodim 0112/Sabang, PDAM dan mobil tangki air milik masyarakat ikut membantu proses pemadaman api’ terangnya.

Sementara itu, Kapolres Sabang AKBP Muhammadun, SH melalui Kabagops AKP Anton Supraptono mengungkapkan, belum diketahui pasti penyebab kejadian kebakaran tersebut, namun dugaan sementara disebabkan arus pendek listrik. Pun begitu guna kejelasannya menunggu proses tim investigasi Satreskrim Polres Sabang.

Sedangkan kerugian yang dialami toko Sejiwa dan Melati akibat kebakaran itu, ditaksir mencapai ratusan juta, mengingat banyak barang kedua toko dan gudang glosir tersebut tidak sempat diselamatkan. Yang luar biasa adalah kekompakan masyarakat bahu-membahu ikut memadamkan api.

Penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan pihak Polres Sabang, dan demi keamanan lokasi kini dijaga aparat kepolisian dan sudah dikelilingi police line., ungkap AKP Anton Supraptono.

Diharapkan, kedepan seluruh toko diwajibkan menyediakan alat pemadam seperti Alat Pemadam Api Ringan (APAR) dan Hydrant yang berfungsi untuk memudahkan sumber air jika terjadi kebakaran. Kedua benda tersebut sangat penting berada didalam toko dan sekitarnya, harap Kapolres.(*).