70 Santri Dayah Ramaikan Musabaqah Qiraatil Kutub dan Fahmil Kutub

oleh -80 views

Kota Jantho (ADC) Wakil Bupati Aceh Besar Tgk H Husaini A Wahab resmi membuka Musabaqah Qiraatil Kutub dan Fahmil Kutub yang berlangsung di Masjid Agung Almunawarrah Kota Jantho, Aceh Besar, Selasa, 16 Oktober 2018.

Dalam sambutannya Waled Husaini ( panggilan akrab wakil Bupati) mengharapkan melalui lomba tersebut mampu mendorong dan memotifasi para santri yang ada di seluruh dayah di Aceh Besar untuk terus meningkatkan minat belajarnya di dayah yang sedang ditekuni. Sehingga harapan orang tua, masyarakat, dan agama mampu terwujud dan melahirkan ulama ulama penerus para ulama saat ini.

Menurut waled Husaini, menuntut ilmu itu adalah kewajiban bagi setiap individu. Apa lagi ilmu agama islam yang nantinya mendidik diri kita untuk tidak berbuat zhalim kepada orang lain, demikian halnya dengan ilmu dunia juga sangat penting supaya kita tidak dizhalimi oleh orang lain.

” Dengan adanya Ilmu agama kita tidak menipu orang dan dengan adanya Ilmu dunia kita tidak ditipu orang,” kata Wabup Aceh Besar ini dalam logat bahasa Acehnya.

Sementara Kadis Pendidikan Dayah Aceh Usamah El-Madny, yang wawancara wartawan usai seremonea pembukaan Musabaqah tersebut, mengatakan pelaksanaan musabaqah Qiraatil Kutub dan Fahmil Kutub ini salah satu program pemerintah dalam rangka mendorong perkembangan dunia dayah kearah yang lebih baik.

Kegiatan tersebut juga dapat mendorong semangat para santri dalam mendalami ilmu agama di dayah dan mampu mengamalkannya saat berada dimasyarakat nantinya.

” Melalui kegiatan ini salah satu target kita adalah lahirnya santri santri yang bakal menjadi calon calon ulama kedepan,” demikian harap Usama.

BACA..  Polda Aceh Gagalkan Peredaran 133 Kilogram Sabu Jaringan Internasional

Ketua Panitia Musabaqah baca kita kuning ini yang baru digelar untuk kedua kalinya di Aceh Besar ini Adi Darma, Sekaligus Kadis Pendidikan Dayah Aceh Besar, menyebutkan jumlah peserta pada musabaqah tahun ini tercatat 70 peserta yang akan berlomba ketangkasan dalam dua cabang musabaqah tersebut. Direncanakan musabaqah ini akan digelar setiap dua tahun sekali dan kedepan jumlah peserta dapat ikut lebih banyak lagi, mengingat jumlah dayah yang ada di Aceh Besar saat ini mencapai 170 dayah yang tersebar di 23 Kecamatan.

” Kita berharap pada musabaqah kedepan seluruh dayah dapat ambil bagian, dan kegiatan ini akan kita agendakan dua tahun sekali,” katanya.

Berdasarkan data yang diterima dari Dinas Pendidikan Dayah Aceh Besar Musabaqah Qiraatil Kutub dan Fahmil Kutub ini akan digelar selama tiga hari mulai Selasa hingga Kamis (16-18) Oktober 2018. (Dahlan)