BNK Sabang Minta Polda Aceh Tempatkan Personil Untuk Penindakan

oleh -76 views

Sabang (ADC) – Kepala Badan Narkotika Kota (BNK) Sabang Jauhari mengatakan, guna mengoptimalkan proses Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba pihaknya, meminta Polda Aceh menempatkan personilnya di BNK Sabang sebagai petugas penindakan.

“Kami sudah melayangkan surat ke BNN provinsi dan Polda Aceh untuk menempatkan personil di BNK Sabang, pada posisi Kasi Bidang Pemberantasan agar kami dapat bekerja maksimal”., kata Jauhari kepada wartawan Kamis (15/03/18) di Sabang.

Ditambahkan, penambahan personil kepolisian Bidang Pemberantasan di BNK Sabang, akan sangat membantu dalam memberantas Narkoba di wilayah pulau wisata paling barat Republik Indonesia ini.

Selama ini BNK Sabang melakukan tugasnya lebih pada kegiatan sosialisasi, penyuhan dan pembinaan, seperti kegiatan P4GN kepada mahasiswa, pelajar tingkat SMA dan SMK., terangnya.

Dijelaskan, dalam Institusi Badan Narkotika ada 3 bidang yakni Bidang Pemberantasan, Bidang Pencegahan dan Bidang Rehabilitasi, akan tetapi hingga saat ini BNK Sabang belum memiliki Kasi Bidang Pemberantasan termasuk penyelidikan awal.

Bidang Pemberantasan ini berfungsi mencari bandar yang sudah menjadi target operasi untuk dilakukan penindakan, agar peredaran Narkotika tidak menyebar di Sabang, tentunya BNK Sabang bekerja sama dan berkoordinasi dengan pihak Polres setempat.

BACA..  Tidak Gunakan Prosedur, Hitung Ulang Bangunan Pasar Pagi Kualasimpang

Saat ini BNK Sabang belum memiliki kantor yang Refresentatif (sel), maka dari itu pihaknya akan melakukan kerja sama dengan Polres Sabang untuk menitip para tahanan untuk selanjutnya dilakukan penyelidikan lebih lanjut.

Yang sudah dimiliki BNK Sabang saat ini Klinik Pratama yang terletak di kantor BNK Sabang Jalan Sultan Hasanuddin, Gampong Kuta Ateuh Kecamatan Sukakarya Sabang, menangani terkait dengan segala bentuk penyalahgunaan narkoba.

Sementara tujuan dilaksanakan P4GN adalah, untuk menciptakan penggiat Anti Narkoba baik di lingkungan kampus maupun sekolah, agar mereka menjadi duta disekolahnya masing-masing, kedepan akan lakukan kegiatan di lingkungan masyarakat, pekerja swasta, perbankan dan Pemerintah., jelasnya.(Jalal)