Pemko Sabang Tandatangan MoU Dengan Kajari Sabang

oleh -35 views

example banner

Laporan | Jalaluddin Zky

Sabang (AD) – Dalam rangka mengikat kerjasama yang lebih baik, Pemerintah Kota (Pemko) Sabang menandatangani Nota Kesepahaman Bersama atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan Kejaksaan Negeri (Kajari) Kota Sabang dalam bidang Perdata dan Tata Usaha Negara, yang berlangsung di Aula Lantai IV Kantor Walikota Sabang. Senin (16/02/21).

Dalam sambutannya Wali Kota Sabang Nazaruddin S.I.Kom menyampaikan, bahwa kerjasama ini dimaksudkan untuk membantu menyelesaikan perkara hukum dibidang perdata dan tata usaha negara baik didalam pengadilan maupun diluar pengadilan yang menyangkut kepentingan Pemerintah Kota Sabang dengan pihak lain.

“MoU ini merupakan sebuah kerjasama yang baik antara Pemko Sabang dan Kajari Kota Sabang dalam menyukseskan program-program dari Pemerintah dalam mensejahterakan rakyat terutama dalam bidang hukum perdata dan tata usaha negara” kata Wali Kota Sabang, didampingi Kajari Sabang Choirun Parapat, SH, MM dan Sekda Drs Zakaria, MM.

BACA..  Mahirah Muamalah Kembali Raih WTP, Aminullah Usman Ucapkan Selamat

Selain itu kata Wali Kota Sabang lagi, tujuan kegiatan ini untuk mengadakan kegiatan bersama dalam penyuluhan hukum dan penerangan hukum kepada masyarakat maupun instansi Pemerintah dengan tujuan untuk saling mendukung pelaksanaan penegakan hukum dan pembangunan wilayah Sabang sesuai dengan misi dan kode etik masing-masing.

“Penandatanganan MoU ini demi kepentingan kita bersama, artinya Kajari Kota Sabang tidak membiarkan kita sendiri. Mudah-mudahan dengan penandatangan ini, secara bersama-sama kita terus mengawasi dan berkomunikasi” sebutnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Kejaksaan Negeri Sabang, Choirun Parapat, S.H., M.H menjelaskan dengan momentum penandatanganan MoU di bidang perdata dan tata usaha negara ini, Kajari Sabang memiliki kewenangan antara lain memberikan pendapat hukum, pertimbangan hukum dan bantuan hukum kepada instansi Pemerintah dalam hal ini Pemerintah Kota Sabang.

“Kita wajib mendukung program dari Pemerintah Kota Sabang dalam konteks perdata dan tata usaha negara. MoU ini penting, karena nanti perlu ada legal standingnya. Kemudian masalah tanah dan PAD, itu adalah rencana kerja yang mungkin kita garap setelah dibuat MoU ini,” terangnya.

BACA..  Mahirah Muamalah Kembali Raih WTP, Aminullah Usman Ucapkan Selamat

Selain perihal perdata dan tata usaha negara, Kejaksaan Negeri Kota Sabang juga akan melakukan pengawasan aset dan pengurusan sertifikat aset milik Pemerintah Kota Sabang, terlebih yang tengah bersengketa dengan pihak lain.

Menurutnya, penandatanganan MoU yang dibuat ini adalah sebagai induk rangkaian kegiatan yang akan dilakukan dan diharapkan kerjasama ini kedepannya akan meluas dan lebih fleksibel.

“Kedepannya kerjasama ini akan meluas dan lebih fleksibel lagi, ini hanya induknya saja. Intinya, kita siap mendukung Pemerintah Kota Sabang” tandasnya.(*).