Ismawardi Minta Walikota Tertibkan Kendaraan Dinas Ber-Plat Hitam

oleh -66 views

Banda Aceh (ADC)-Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Banda Aceh meminta Walikota Banda Aceh Aminullah Usman, menertibkan kendaraan dinas milik Pemerintah kota yang masih menggunakan plat hitam.

Tujuannya adalah, agar kendaraan dinas milik pemerintah ini, tidak disalahgunakan untuk kepentingan kelompok atau golongan yang mengambil azas manfaat menjelang berlangsungnya pesta demokrasi pada April 2019 mendatang.

Hal itu disampaikan Wakil ketua Komisi A yang membidangi Pemerintahan dan Hukum DPRK Banda Aceh Ismawardi, setelah adanya laporan dari masyarakat yang datang khusus kepada dirinya, hanya untuk mempertanyakan, kok bisa ya, kendaraan operasional dinas milik Pemko Banda Aceh menggunakan plat hitam.

“Seharusnya, kendaraan dinas itu kan menggunakan plat merah, bukannya plat hitam”.

Lanjut Ismawardi, dengan adanya masukan dan kritikan dari masyarakat terkait hal tersebut. “Maka selanjutnya, kita meminta kepada Walikota agar segera mengeluarkan instruksi kepada seluruh kepala dinas beserta jajarannya, supaya segera menggunakan plat kendaraan dinas sesuai dengan aturan yang berlaku,” pintanya.

“Jika permintaan ini tidak diindahkan, maka kami akan meminta pihak kepolisian Polresta Banda Aceh, melalui Satuan lalu lintas (Satlantas), untuk menindak tegas terhadap kendaraan dinas yang tidak mau mengikuti aturan sebagaimana mestinya,” tegas Ismawardi.

Selain itu, Ismawardi juga menyampaikan, sebaiknya setiap kendaraan operasional dinas harus dipasangi logo, agar dapat mempermudah masyarakat mengenali kendaraan itu  milik Pemko. “Misalkan mobil itu milik operasional Camat, ya dipasang logo Kecamatan. Ataupun, mobil kepala dinas, ya dipasang juga logo dinas terkait,” ungkap Ismawardi kepada Media atjehdaily.id, disela-sela kegiatannya, Senin 15 Oktober 2018.

Setelah semua itu dilaksanakan, maka kedepannya, kita pastikan tidak akan ada lagi kendaraan milik pemerintah kota yang bisa disalahgunakan. Karena, mobil operasional dinas tersebut, semuanya telah dipasangi logo dan menggunakan plat merah.

Lebih lanjut Ismawardi menambahkan, hal ini perlu segera dilakukan, supaya kota Banda Aceh bisa menjadi barometer bagi daerah lainnya,”tutup Wakil ketua Komisi A yang juga politisi PAN ini. (Ahmad Fadil)