Wamen ATR/Waka BPN Tinjau Kegiatan PELATARAN

oleh -76 views

 GOOGLE NEWS

Banda Aceh (AD)- Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Raja Juli Antoni, Ph.D berkunjung ke Kantor Pertanahan Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh, Minggu 14 Agustus 2022. 

Sembari memberikan pengarahan kepada jajaran Kantor Pertanahan Kota Banda Aceh, Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) juga meninjau pelaksanaan kegiatan Loket Prioritas Pelayanan Pertanahan dan Program Pelayanan Tanah Akhir Pekan (PELATARAN) di Kantor Pertanahan Kota Banda Aceh.

“Melalui Loket Prioritas, dan Program Pelayanan Tanah Akhir Pekan, kita maksimalkan pelayanan terbaik terhadap masyarakat,” kata Raja Juli Antoni.

PELATARAN adalah salah satu program unggulan Kementerian ATR/BPN sebagai bentuk komitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat yang menjangkau seluruh golongan.

Terlebih, pemohon dari kalangan pegawai/karyawan yang sering mengalami kesulitan mengurus sertipikat tanahnya sendiri karena kesibukan pada hari kerja.

“Kini dengan adanya PELATARAN, masyarakat dapat menerima layanan pertanahan di akhir pekan sehingga tidak perlu menggunakan kuasa ataupun calo,” ungkapnya.

Saat ini, kata Wamen ATR/Waka BPN, layanan pada Kantor Pertanahan Kota Banda Aceh telah berubah lebih modern dan terukur. Kantor Pertanahan Kota Banda Aceh mengedepankan konsep “Melayani, Profesional, dan Terpercaya” pada layanan loket.

Sebagai upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, Kantor Pertanahan Kota Banda Aceh menyediakan Loket Prioritas kepada masyarakat yang mengurus pendaftaran pertanahan langsung ke kantor, tanpa kuasa (calo).

Hal tersebut sesuai dengan Surat Edaran Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Nomor 14/SE-HK.02/VII/2022 tentang Loket Prioritas Pelayanan Pertanahan dan Program Pelayanan Tanah Akhir Pekan (PELATARAN).

Loket Prioritas yang disediakan, selain berlaku pada hari kerja (Senin-Jum’at) juga berlaku di hari Sabtu-Minggu, mulai Pukul 09.00 – 13.00 WIB, dengan syarat pendaftaran tanah dilakukan di loket prioritas Kantor Pertanahan Kota Banda Aceh, tanpa kuasa.

Namun perlu di ketahui, tidak semua layanan pertanahan termasuk dalam program Loket Prioritas Pelayanan Pertanahan dan Program Pelayanan Tanah Akhir Pekan (PELATARAN).

Adapun jenis-jenis layanan Prioritas, PELATARAN di Kantor Pertanahan Kota Banda Aceh adalah sebagai berikut, Layanan Peralihan Hak, Roya, Permohonan Pengukuran, Plotting, Informasi Pertanahan, dan Pengaduan Masyarakat. (*)