banner 700250

Siaga Covid-19, Wali Kota Resmikan Ruang Isolasi Mandiri dan Pinere

oleh -187 views

Sabang (AD) – Siaga terhadap masih gencarnya paparan virus Corons Wali Kota Sabang Nazaruddin S.I.Kom, meresmikan ruang Isolasi Mandiri di komplek Yayasan Ibnu Sinna dan ruang Isolasi Pinere di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sabang.

“Untuk siagaan apabila dibutuhkan sejak dari awal Covid-19 membumi kita sudah mempersiapkan ruang untuk isolasi mandiri ini. Hal itu, kita lakukan untuk mengantisipasi pencegahan dini terhadap penularan Virus Corona Disease 2019 (COVID-19),” demikian dikatakan Wali Kota Sabang, kepada wartawan memotong pita, pada louncing ruang isolasi mandiri Sabtu (15/08/20).

Walikota Sabang Nazaruddin S.I.Kom yang didampingi Sekda Kota Sabang Drs Zakaria MM, Plt Kadinkes Kota Sabang Sajuddin S,H dan Direktur RSUD Sabang dr. Edi Suharto menambahkan, penyediaan ruang isolasi ini hendaknya dapat menyikapi penanganan pasien Covid-19 yang mulai meningkat di Sabang.

BACA..  Kondisi Jalan Ke Seuneubok Lhong Sangat Memprihatinkan

“Dimana dalam beberapa pekan kebelakang jumlah kasus baru di kawasan Aceh terus meningkat, termasuk di Sabang sendiri kini menunjukan angka yang terkonfirmasi juga naik maka, kita harus benar-benar siap guna pencegahan virus dimaksud” ujarnya.

Dijelaskan juga, khusus untuk ruang isolasi mandiri sebenarnya diperuntukkan bagi Orang Tanpa Gejala (OTG) atau tanpa gejala klinis seperti demam dan sesak napas sudah. Nah, bagi pasien seperti ini jika ditemukan maka harus di Isolasi Mandiri disini. Bagi pasien seperti itu sudah dipersiapkan 14 kamar untuk 1 kamar dilengkapi dengan dua tempat tidurdan satu kamar mandi.

BACA..  Antisipasi Penyebaran Covid-19, Mendagri Keluarkan Edaran

Sedangkan untuk ruang isolasi Pinere yang tersedia di Komplek RSUD Sabang, itu diperuntukkan bagi pasien Covid yang memiliki gejala seperti batuk, sesak napas, demam dan juga bagi pasien yang sudah positif hasil test Swab.

Untuk penanganan kondisi itu kita sudah siapkan tiga ruangan di RSUD Sabang. Sementara lima ruangan lagi kini sedang dalam proses pengerjakaan dimana sewaktu–waktu bila dibutuhkan.

“Dalam siaga Covid-19 ini kita terus lakukan antisipasi dan pencegahan, kemudian j masyarakat juga, agar selelu menjaga kesehatan dengan tetap memperhatikan protocol kesehatan. Dengan demikian bahwa upaya yang dilakukan masyarakat itu sudah membantu dirinya dan pemerintah,” jelasnya.

Kontributor Sabang : Jalaluddin