Resmikan Rumah Kreatif, Bakri Siddiq Ajak Perbankan Bantu UMKM

oleh -40 views

 GOOGLE NEWS

Banda Aceh (AD)- Penjabat Wali Kota Banda Aceh, Bakri Siddiq resmikan Rumah Kreatif Al Mahirah, di lingkungan Pasar Al Mahirah Lamdingin, Rabu 14 September 2022. Peresmian ditandai dengan pemotongan pita dan penandatanganan prasasti oleh Bakri Siddiq.

Pada kesempatan tersebut, turut hadir pimpinan DPRK Banda Aceh Usman SE, Sekdako Amiruddin, Kapolresta Banda Aceh Kombes Pol Joko Krisdiyanto, Dandim 0101/KBA, Letnan Kolonel Inf Andy Bagus Diyan Arika, S.I.P, Kajari Banda Aceh Edi Ermawan, Camat Kuta Alam Arie Januar,  para kepala SKPK, Keuchik dan unsur muspika setempat.

Dalam sambutannya, Bakri mengatakan, pembangunan Rumah Kreatif merupakan salah satu upaya Pemko Banda Aceh untuk menyediakan dan melengkapi sarana perdagangan di Pasar Al Mahirah Lamdingin.

“Kawasan Pasar Al Mahirah kita harapkan menjadi sebuah kawasan baru pertumbuhan perekonomian di Banda Aceh, untuk itu saya mengajak semua pihak seperti sektor perbankan dapat membantu pelaku usaha kecil UMKM dengan memberikan akses pembiayaan murah bagi pedagang seperti KUR, layanan ATM dan digitalisasi pasar,” ujarnya.

Ia melanjutkan, dukungan lain juga diharapkan dari Dinas PUPR bagi peningkatan infrastruktur jalan dan saluran. Kemudian DLHK3, tugasnya dalam peningkatan kualitas lingkungan dan kebersihan kawasan pasar, Satpol PP dan WH bagi peningkatan keamanan dan ketertiban di sekitar kawasan pasar serta berbagai pihak lainnya yang terkait langsung dengan aktivitas pembangunan di kawasan pasar Al Mahirah Lamdingin.

“Saya melihat kolaborasi antara Pemerintah dan berbagai lintas sektor, tak terkecuali para pelaku usaha ekonomi kreatif khususnya UMKM sangat diperlukan. Dengan jumlah UMKM sebanyak 17.308 per Agustus 2022, peran pelaku UMKM sebagai salah satu penggerak roda perekonomian menjadi salah satu sektor pendukung yang penting dalam upaya pemulihan ekonomi nasional,” ungkapnya.

Gedung Rumah Kreatif itu, kata Bakri, idealnya harus dapat dimanfaatkan secara maksimal dengan melibatkan badan usaha atau pelaku usaha yang profesional di bidangnya, dan memberi manfaat bagi pelaku usaha UMKM dalam mengembangkan usahanya. Di samping itu juga dapat memberi manfaat bagi peningkatan PAD Kota Banda Aceh.

“Maka dari itu teman-teman, saya mengajak kepada seluruh masyarakat Kota Banda Aceh untuk hadir meramaikan langsung ke sini dan memanfaatkan fasilitas yang ada.

Kita ingin kegiatan ini dapat mendukung secara totalitas kebangkitan, pemulihan, dari pariwisata dan ekonomi kreatif di Kota Banda Aceh,” tutup Bakri.

Sementara itu, Kadis Koperasi UKM dan Perdagangan M Nurdin mengatakan telah membuka lelang mitra sewa kelola Rumah Kreatif yang terletak di Pasar Al Mahirah Lamdingin mulai tanggal 12-16 September 2022.

Pelelangan tersebut katanya, untuk memberi kesempatan kepada pelaku usaha memanfaatkan bangunan milik daerah guna mengembangkan usaha secara profesional sekaligus sebagai ruang partisipasi masyarakat dalam mendukung program Pemko Banda Aceh untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kota Banda Aceh. (ADV)