Sekolah Seduh Kopi Menghadirkan Pemateri Yang Handal di Aceh Utara

oleh -45 views

Aceh Utara (AD) Sekolah Seduh Kopi menghadirkan pemateri handal, Assecor Of Competency Barista BNSP yaitu Teuku Ghufran Wafi, S.E. dan Ari Ichlas Niate, S.AP

Dalam acara yang digelar selama enam hari nantinya Teuku Ghufran Wafi, Rabu 14 Juli 2021 mengatakan bagi sebagian orang keberadaan kopi sangatlah penting dalam kehidupan sehari-hari.

Alasannya kata Wafi sapaan akrab, karena kopi dapat menambah energi ketika sedang merasa lesu, dan bagi sebagian orang kopi dianggap sebagai kebutuhan dasar. Sama halnya seperti makanan pokok. Tak heran jika kedai kopi menjadi bisnis yang sangat menjanjikan.

Sayangnya lanjut Dia, hal ini belum diimbangi dengan ketersediaan tenaga barista yang menjadi salah satu profesi penting dalam industri kopi.

Mengingat hal tersebut, Sekolah Seduh Kopi Membuka kelas ( Barista Training ) yang berkolaborasi dengan ASB Coffee , Teupi Coffee, dan Koffiepedia, sebut Wafi.

Dimana tambahnya, sekolah seduh kopi Barista Training ini diselenggarakan selama 6 hari dengan lokasi yang berbeda. Seperti ke Gunung salak untuk belajar varietas dan pasca panen kopi.

Seiring dengan menanjaknya popularitas kopi, sekolah barista banyak diminati oleh kalangan anak muda, katanya.

Ia menyebutkan, ada yang memang hobi,dan ingin tau tentang seluk beluk kopi hingga ada juga yang punya target membuka coffee shopnya sendiri.

Apapun motivasinya mereka tetap belajar tentang kopi, baik dari segi materi yang diberikan dalam bentuk modul maupun praktek secara langsung. Mulai dari pasca panen, Basic roasting, Basic Espresso, manual brewing, hingga basic latte art. Inilah sejumlah teknik meracik kopi yang didapat dalam sekolah barista training, ungkapnya Wafi.

Sementara itu Ari Ichlas Niate,S.A.P menyebutkan, “mereka bukan hanya sekedar ikut training, akan tetapi mereka kita apresiasi dengan mendapatkan sertifikat.”terangnya.

Sekali lagi, semua tergantung kemauan mereka untuk belajar dan praktek, Pungkasnya Ari Ichlas Niate.(Red).