Diskominfo Kota Sabang Gelar Workshop Penguatan PPID

oleh -32 views

Sabang (AD) Diskominfo Kota Sabang menggelar workshop penguatan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) dilingkungan pemerintah kota Sabang, acara tersebut berlangsung di Aula Diskominfo itu dibuka langsung oleh Wali Kota Sabang yang diwakili oleh Kepala Diskominfo Ridwan MD, Senin, 14 Juni 2021.

Wali Kota Sabang dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kepala Dinas Komunikasi dan informatika (Diskominfo), Statistik dan Persandian Sabang Drs Ridwan, MD mengatakan, setiap badan publik mempunyai kewajiban untuk membuka akses atas informasi untuk masyarakat luas.

Keberadaan undang-undang Republik indonesia nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik sangat penting sebagai landasan hukum yang berkaitan dengan hak setiap orang untuk memperoleh informasi.

Untuk itu dalam pengelolan informasi publik harus dilakukan secara terencana melalui berbagai program peningkatan layanan informasi sebagai salah satu elemen penting dalam penyelenggaraan pemerintahan., katanya.

Menurut Ridwan, kegiatan workshop penguatan pejabat informasi dan dokumentasi (PPID) dan pendampingan pengisian website PPID , yang dilaksanakan merupakan salah satu rangkaian yang sangat penting dalam hal meningkatkan layanan keterbukaan informasi publik.

Untuk senergitas informasi yang disampaikan badan publik, perlu adanya persepsi yang sama dari semua pejabat pengelola informasi dan dokumentasi (PPID).

Kesamaan persepsi dan pemahaman dari semua elemen terkait dalam hal peningkatan layanan informasi perlu diwujudkan sehingga akan memberikan dampak positif dalam berbagai proses dan mampu memberikan kontribusi yang berarti dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, ujarnya.

Sementara Kepala Bidang Layanan Publik Dewi Portuna, SE, AK menuturkan, workshop dan pendampingan Pengisian Website PPID Kota Sabang ini bertujuan untuk penguatan kapasitas pejabat pengelola informasi dan dokumentasi, sehingga terwujud suatu pemahaman yang sama dalam mewujudkan keterbukaan infomasi publik.

Pejabat pengelola informasi dan dokumentasi (PPID) bertanggungjawab menyediakan daftar informasi yang merupakan catatan yang berisi keterangan sistematis tentang seluruh informasi yang berada dibawah penguasaan badan publik.

Menindaklanjuti hal itu Pemerintah Kota Sabang melalui Dinas Komunikasi dan informatika, Statistik dan persandian melaksanakan workshop penguatan PPID serta melakukan pendampingan pengisian website informasi publik dijajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD), ujar Dewi Portuna, istri Ramlah Yahya, penyanyi Aceh yang terkenal dengan lagu Marselina ini. (Jalaluddin Zky).