Cabut Statement Referendum, DPD Forkab Bireuen Bangga dengan Ketokohan Mualem

oleh -97 views

Banda Aceh (ADC)- Dewan Pengurus Daerah (DPD) Forum Komunikasi Anak Bangsa (Forkab) Kabupaten Bireun, turut memberikan dukungan atas keputusan yang diambil oleh aketua umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Forkab Aceh Polem Muda Ahmad Yani yang memuji dan mengapresiasi sikap kenegarawanan Muzakir Manaf (Mualem) dengan mencabut statement Referendum. 

Pernyataan ini disampaikan, Ketua DPD Forkab Kabupaten Bireuen Marbawi, S.Pd, melalui pesan WhasApp nya kepada media ini, Jum’at 14 Juni 2019.

Menurutnya, langkah brilian politik dan visioner dari Mualem, memiliki target kepentingan politik jangka panjang bangsa, dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dimana komintmen tinggi Mualem untuk merawat perdamaian dan memajukan Aceh dalam bingkai Negara Kesatauan.

“Artinya, dari sini dapat kita pastikan, jika Mualem lebih memilih kepentingan politik jangka panjang dalam menyelamatkan bangsa dan negara di atas segala kepentingan lainnya,” kata Marbawi.

Dengan beredarnya video klarifikasi Mualem yang sempat viral luas di media sosial yang mana isinya mencabut statement dan sekaligus meminta maaf atas sikapnya yang terlanjur menyuarakan tuntutan referendum, kita menilainya sebagai langkah brilian dan cukup visioner. Hal itu dilakukan Mualem, bertujuan untuk menghindari adanya kegaduhan politik pasca terselenggaranya pemilu serentak 2019 beberapa waktu yang lalu.

Oleh karena itu, saya selaku Ketua DPD Forkab Kabupaten Bireuen, ikut mendukung dan menghormati langkah politik yang di ambil Mualem dalam spirit cinta NKRI. Spirit cinta NKRI Mualem itu, merupakan gambaran sikap negarawan sejati sebagai tokoh dan mantan panglima eks Kombatan GAM yang hingga kini, masih memiliki pengaruh politik yang cukup kuat sejagad antero bumi Aceh. 

“Bahkan kemenangan Prabowo-sandi di Aceh hampir 87 persen itu, tidak  terlepas dari kehadiran Mualem sebagai tim sukses pemenangan prabowo-sandi di Aceh,” ujar Marbawi.

BACA..  Polda Aceh Gagalkan Peredaran 133 Kilogram Sabu Jaringan Internasional

Selain itu, ia juga menambahkan, keputusan politik Mualem yang mencabut pernyataanya, kita menilainya sebagai sikap patriotik merah putih sejati dalam tubuh dan jiwa tokoh perjuangan eks Gerakan Aceh Merdeka (GAM) ini, memiliki jiwa visioner jauh menatap masa depan Aceh ke depannya, dengan senantiasa untuk lebih berkomitmen untuk menjaga dan mengawal perdamaian dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Untuk itu, selaku ketua DPD Forkab Kabupaten Bireuen, kami menegaskan, akan ikut mendukung sepenuhnya keputusan DPP Forkab Aceh yang memback up pernyataan Mualem, dan ikut andil dalam memperjuangkan butir butir MoU Helsinki, serta mendesak agar semua element masyarakat untuk terus bersama sama memperjuangkan turunan UUPA agar direalisasi,” tutup Ketua DPD Forkab Kabupaten Bireuen. (Ahmad Fadil)