Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Musliadi Unggul dalam Pesta Demokrasi Tingkat Gampong

oleh -16 views
Usai penghitungan suara dua calon geuchik bersalaman, sebelah kiri yang pakai baju putih Musliadi alias Caluk sebagai pemenang, ditengah Sekdes Gampong Lhok Beringen M. Yusuf, dan sebelah kanan yang pakai baju hitam Isra Fardi, ST rivalnya.

Aceh Utara (AD) Masyarakat Gampong (Desa) Lhok Beringen, Kecamatan Tanah Jambo Aye, Aceh Utara, Rabu 13 Oktober 2021, melaksanakan pemilihan Geuchik (kepala desa) periode 2021-2027. Acara berlangsung dihalaman Meunasah (Surau) Gampong setempat, dan tetap mengedepankan protokol kesehatan Covid-19.

Proses pemilihan Keuchik Gampong Lhok Beringen sebenarnya sudah beberapa kali mau dilaksanakan tetapi tidak terealisasi dikarenakan dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Covid-19, kata ketua Panitia Pemilihan Geuchik (P2G) Gampong Lhok Beringen Tajul Badri pada media AtjehDaily.id.

Alhamdulillah begitu ada peraturan Bupati Aceh Utara Nomor 30 Tahun 2020 tentang pelaksanaan pemilihan Imum Mukim dan Pemilihan Geuchik yang dituangkan dalam Instruksi Bupati Aceh Utara Nomor 1318/ INSTR/2021, ujarnya Tajul Badri.

Ada dua calon geuchik yang maju ke tahap pemilihan, Musliadi sapaan akrabnya Caluk dengan nomor urut 1, dan Isra Fardi,ST dengan nomor urut 2, sebut ketua P2G ini.

BACA..  UPTD Balai Tekkomdik Gelar Workshop Penyusunan Media Pembelajaran Berbasis Digital

Ia menyebutkan sebelum hari H kedua calon masing-masing menyampaikan visi dan misi di hadapan masyarakat dan P2G yang berlangsung di Meunasah Gampong Lhok Beringen.

Ketua P2G juga menyebutkan jumlah pemilih terdaftar yang menerima undangan untuk memberikan hak suaranya mencapai 193 orang dari tiga dusun, dan yang hadir dalam pencoblosan hanya 168 orang.

lanjutnya, Partisipasi masyarakat Gampong Lhok Beringen untuk memberikan hak suara dalam pesta demokrasi tingkat gampong tersebut terlihat sangat tinggi. Jadwal pemungutan suara ditetapkan oleh panitia dari pukul 08.00 hingga 12.00 WIB.

Masyarakat secara perorangan atau bersama keluarga datang ke meunasah atau lokasi pemilihan menyerahkan undangan ke panitia dan selanjutnya duduk di tempat yang telah disediakan menunggu panggilan untuk masuk ke bilik suara.

BACA..  Enam Mantan Atlet Pelatnas Datangi Kemenpora dan KONI Pusat Laporkan Ini

Dia menyebutkan, kedua calon geuchik duduk di tempat yang telah disediakan oleh panitia dan menyaksikan proses demokrasi itu berlangsung sampai dengan perhitungan suara selesai.

Selesainya penghitungan suara akhirnya pemenang demokrasi tingkat desa Lhok Beringen jatuh kepada nomor urut 1 yaitu Musliadi (Caluk) mengatongi suara 79 suara. Sedangkan rivalnya Isra Fardi, ST mengatongi 63 suara, dan suara yang rusak 26 suara, urainya P2G.

Sementara itu Musliadi (Caluk) selaku pemenang di pesta demokrasi tingkat desa saat ditemui oleh media mengharapkan kerjasama yang baik di semua sektor, meningkatkan majlis ta’lim kuat, dan memberdayakan pemuda serta membangun sarana dan prasarana kepemudaan agar bisa terhindar dari pengaruh narkoba.

BACA..  Perkuat Soliditas dan Merajut Kekompakan Lanud MUS Ikut Kegiatan Touring di PP Kota Sabang

“Saya akan transparan dalam mengelola dana desa, dan akan meningkatkan Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) di desa Lhok Beringen di bawah kepemimpinan saya,” terangnya Caluk.

Ia juga mengharapkan masyarakat bisa bersatu dan sama – sama untuk membangun gampong, agar kedepannya gampong Lhok Beringen lebih baik. Dan dia juga berjanji akan merangkul semua pihak untuk sama-sama membangun gampong ini, pungkasnya Musliadi alias Caluk.

Turut hadir dalam pesta demokrasi tingkat desa di Lhok Beringen Camat Tanah Jambo Aye diwakili oleh Kasi Pemerintahan, Kapolsek diwakili oleh Wakapolsek, Danramil diwakili oleh Wakil danramil 014, Mukim Jambo Aye Tengah, Bhabinkamtibmas, Babinsa, dan para tamu undangan lainnya.

Laporan: Sayed Panton