Berhasil Raih Juara 3 Festival Budaya Nusantara Antar Paguyuban, Mahasiswa Gayo Lues Buat Bangga Masyarakatnya

oleh -123 views
Tarian Gayo raih juara. (MY)

GAYO LUES (Atjehdaily)-Festival Budaya Nusantara Antar – Paguyuban yang diselenggarakan oleh Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh, Lhpkseumawe di gedung Teknik Kimia pada hari Sabtu tanggal 7 Oktober 2017 lalu menjadi ajang bersejarah bagi seluruh masyarakat Gayo, khususnya Gayo Lues. Acara ini sebagai ajang peringatan Dies Natalis Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh yang ke-16. Kegiatan ini memperlombakan 2 bidang perlombaan yakni  perlombaan Tari tradisional / Kreasi dan Vokal Group.

BACA..  Seorang Ibu Bhayangkari Diduga Sedang Mengalami Proses Kriminalisasi

Dalam perlombaan Tari Tradisional dan Kreasi diikuti oleh beberapa paguyuban dari masing – masing daerah di provinsi Aceh dan provinsi luar Aceh. Dari setiap paguyuban menampilkan tari andalan mereka masing – masing. Sehingga proses perlombaan ini banyak mendapat perhatian dari kalangan mahasiswa maupun dosen dalam ruang lingkup Universitas Malikussaleh..jelasnya.

Tari Saman juga masuk dalam daftar Tarian yang ikut serta dalam perlombaan ini, yang mana  tari saman ini dimainkan oleh penari saman HIMAGALUS (Himpunan Mahasiswa Gayo Lues) Lhokseumawe – Aceh Utara. Penari samannya berjumlah 13 orang dengan kostum yang dikenakan yakni kostum atau seragam tari saman pada kegiatan tari saman 10.001 kemarin. Karena HIMAGALUS masih belum mempunyai baju kerawang asli.

Alhamdulillah, pada perlombaan ini tari saman mendapatkan juara 3 serta penari saman juga diundang untuk menampilkan tari saman lagi di acara Malam Puncak Dies Natalis Fakultas Teknik Unimal sekalian dengan penyerah hadiah maupun sertifikat, pada tanggal 29 Oktober mendatang di GOR ACC Uteunkot Cunda Lhokseumawe.
Hasil tersebut akhirnya diketahui oleh masyarakat luas dan mereka menyambutnya dengan riang gembira senang bahagia penuh keharuan.
“Alhamdulillah tarian kita berhasil meraih juara,” ujar salah satu masyarakat Gayo Lues, singkat.(M.Yusuf Ariga/Saleh)