banner 700250

Kejari Sabang Sosialisasi Hukum Tentang Pengelolaan Dana DAK dan BOS

oleh -270 views

Sabang (AD) – Kejaksaan Negeri (Kejari) Sabang melaksanakan kegiatan sosialisasi hukum pelaksaan kegiatan Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Penggunaan Dana Bantuan Operasinal Sekolah (BOS) bagi pengelola anggaran di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Sabang.

Usai memberi materi pada sosialisai pengelolaan dan DAK dan BOS Kepala Kejalsaan Negeri (Kajari) Sabang Choirun Parapat,SH, MH kepada media ini menyampaikan, bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan atas permintaan dari Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kota Sabang.

Selain itu juga, ada sebuah komitmen Kejari Sabang dalam memberikan sosialisasi hukum penggunaan dana DAK dan BOS, agar dalam penggunaan tersebut tidak keluar dari rel yang ada dan perundang-undangan yang berlaku.. kata Kajari Choirun Parapat.

BACA..  Tim Puldata Kajian Progja dari Pusterad Kunjungi Kodim 0103/ Aceh Utara

Terutama lanjut Kajari, dalam meningkatkan kemampuan dan pengetahuan para Kepala Sekolah (Kepsek) dalam melaksanakan kegiatan pembangunan yang bersifat swakelola.

Kegiatan ini juga sebagai wujud dalam menyampaikan perintah Jaksa Agung, untuk senantiasa mengedepankan aspek pencegahan daripada penindakan, maka diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat membantu semua Kepsek untuk dapat memahami aturan terkait dengan pelaksanaan dana DAK dan dana BOS di wilayah kota Sabang., tandasnya.

BACA..  Ibu TP PKK Bireuen Ikut Bimtek

Dijelaskan, materi yang disampaikan pada kegiatan sosialisasi tersebut antara lain, penyampaian aturan teknis pelaksanaan dana DAK dan BOS, titik-titik rawan potensi penyimpangan serta upaya yang dilakukan untuk pencegahannya.

Berikut juga sosialisasi tentqng Undang-Undang (UU) No 31 tahun 1999 jo UU No 20 tahun 2001 tentang UU pemberantasan tindak pidana korupsi., jelas Kajari.

Pada kesempatan yang sama Kadisdikpora Kota Sabang Desiana, S.Pd, M.Pd menyampaikan apresiasi kepada tim Kejari Sabang yang telah bersedia memberikan sosialisasi hukum untuk memberikan pengetahuan dan semangat kepada para Kepsek yang melaksanakan kegiatan dana DAK dan BOS.

“Kami berterima kasih dan mengapresiasi kepada Kajari Sabang, yang telah memberi ilmu pengetahuan tentang tata cara pengelola dan DAK dan BOS. Sehingga, para Kepsek dapat menjalankan tugasnya dengan baik sesuai aturan yang berlaku,” kata Desiana.

Ada pun yang Hadir dalam acara tersebut Kadis Pendidikan beserta kepala sekolah SD dan SMP sekota Sabang dan Kajari Sabang yang ikut didampingi Kasi intel, Kasi Datun, Kasi BB dan Staf Intelijen. Acara tersebut dilaksanakan di SMP Negeri 5 Kota Sabang dengan mengikuti protokoler kesehatan.

Kontributor Sabang : Jalaluddin