Di Aceh, Produktivitas Sapi Hasil Inseminasi Buatan Diklaim Semakin Membaik

oleh -86 views
Rapat koordinasi bulan bukti pertenakan yang dilaksanakan di Kabupaten Abdya.

Abdya (ADC) – Program Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (Upsus SIWAB) melalui kawin suntik atau Inseminasi Buatan (IB) gratis kepada para peternak berhasil meningkatkan populasi sapi secara signifikan.  Sejak diluncurkan, program ini sudah semakin membaik di Provinsi Aceh.

“Di Aceh pencapaian hasil IB pada tahun 2018 sebanyak 52.215 ekor atau jika dipersentasekan sebanyak 165% dari target 35.900 ekor, produktivitas ternak sapi hasil IB ini semakin membaik,” klaim Kepala Dinas Pertenakan Aceh, Drh. Rahmadi dalam sambutannya pada rapat koordinasi bulan bakti peternakan di Kabupaten Abdya, Kamis (13/6/2019).

BACA..  Tim Humas Kanwil ATR/BPN RI Aceh Kunjungi Redaksi Atjehdaily.Id

Selain itu, lanjutnya, pada tahun 2018 pihaknya telah meraih peringkat ke-3 dalam pelaksanaan IB tingkat Nasional. “Pedet yang lahir pada 2018 sebanyak 25.368 ekor bila dikonversikan kerupiah pendapatan petani pada tahun itu mencapai Rp 126,8 miliar,” aku Rahmadi.

Hasil itu, kata Rahmadi didasari harga anak ternak rata-rata pada kisaran Rp5 juta per ekor.  “Dengan anggaran dikucurkan untuk kegiatan tersebut Rp 21 miliar bersember dari APBN, APBA dan APBK tahun 2018, hasil yang kita capai sudah semakin membaik,” tuturnya.

BACA..  DPRA Ingatkan Pemerintah Aceh Untuk Perbaiki Tata Kelola Pemerintahan

Rahmadi juga berharap dengan meningkatnya animo masyarakat dan petani ternak dalam partisipasi pada expo yang akan dilaksanakan pada 11 – 14 Juli mendatang di Kabupaten Abdya itu diharapkan peningkatan itu terus dipertahankan.

“Dalam penyelenggaraan bulan bakti peternakan itu juga akan digelar perlombaan sapi Aceh, sapi IB, kerbau, kuda, lomba burung berkicau dan lomba kelompok berprestasi. Kegiatan akan digelar di lapangan bola kaki Desa Pulau Kayu, Kecamatan Susoh,” tutup Rahmadi.

Pada kesempatan itu, Rahmadi mengakui, tujuan expo itu untuk memotinasi terhadap petani ternak, memperkenalkan sumber daya ginetik ternak lokal dan memacu semangat pertenakan. “Acara ini di ikuti oleh 23 kabupaten kota yang membidangi peternakan dan kesehatan hewan,” pungkasnya.

Pantauan awak media ini, dalam kegiatan rapat koordinasi bulan bakti peternakan yang dilaksanakan di Aula Bappeda Abdya itu dibuka langsung oleh Bupati Abdya Akmal Ibrahim yang turut dihadiri kepala Dinas Pertenakan Aceh, Drh. Rahmadi serta sejumlah perwakilan dari seluruh kabupaten/kota di Provinsi Aceh.(TM).