Kadis Pertanian Abes Akan Bangun Embung Daerah Persawahan Tadah Hujan

oleh -123 views

 GOOGLE NEWS

JANTHO| AP- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Besar berencana membangun embung di kawasan Lampanah, Kecamatan Indrapuri, untuk mengoptimalkan lahan persawahan yang saat ini masih tadah hujan di kawasan tersebut.

“Ada sekitar 350 hektare sawah di daerah tersebut yang saat ini baru digunakan secara swadaya oleh masyarakat sekitar 50 hektare, selebihnya belum dimanfaatkan secara optimal,” kata Kepala Dinas Pertanian Aceh Besar, Ahmad Tarmizi SP MM di Aceh Besar, Minggu.(12/2/1017).

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela menghadiri kenduri sawah dan meninjau langsung areal persawahan di daerah Lampanah, Kecamatan Indrapuri Kabupaten Aceh Besar.

Ia menjelaskan salah satu cara untuk mengatasi persoalan masyarakat tersebut yakni areal persawahan yang masih tadah hujan, Pemkab Aceh Besar akan mencari solusi kendala pendanaan pembangunan embung di daerah tersebut.

“Kita akan membangun embung di daerah itu dengan sumber air berasal dari Waduk Keliling yang nantinya dapat mengairi daerah persawahan masyarakat di daerah setempat,” katanya.

Ia meyakini dengan tersedianya embung di daerah tersebut maka ratusan hektare sawah tadah hujan tersebut dapat dimanfaatkan secara optimal guna meningkatkan produksi dan menyejahterakan petani di daerah setempat.

“Kami yakin dengan tersedianya embung tersebut maka seluruh areal pertanian di kawasan Lampanah dapat dimaksimalkan dan produksi pertanian juga akan meningkat di masa mendatang,” katanya.

Ia mengatakan tingkat partisipasi masyarakat di daerah setempat sangat tinggi dalam upaya mengoptimalkan areal persawahan yang ada selama ini.

Tarmizi menjelaskan tingkat partisipasi masyarakat di daerah setempat, sangat tinggi dalam upaya mengoptimalkan areal persawahan yang ada selama ini. Untuk lahan yang belum termanfaatkan secara optimal, akan dijadikan sebagai salah satu lokasi untuk penanaman kedelai oleh masyarakat di Aceh Besar.

“Kami juga meminta dukungan dan partisipasi aktif dari masyarakat untuk mengoptimalkan lahannya dengan menanam kedelai,” katanya.

Dia menyebutkan total areal persawahan di Kabupaten Aceh Besar mencapai sekitar 31.000 hektare, 12.000 hektare di antaranya merupakan areal persawahan tadah hujan.[Relis]