Stan Kalibrasi Baru Emerson Mempersingkat Durasi Layanan “Flow Meter”

oleh -31 views
Stan Kalibrasi Baru
Fasilitas kalibrasi "flow meter" berukuran besar milik Emerson yang telah diperbarui di Singapura (Foto: Emerson)

SINGAPURA (AD)– Stan Kalibrasi baru Emerson dinilai mempersingkat durasi layanan “Flow Meter” dapat mengurangi insiden terhentinya kegiatan operasional dan pipa produksi (downtime) sebesar 80% bagi klien di Asia Tenggara.

Dalam rilis pers yang diterima Atjehdaily.ID, Jum’at, 12 November 2021, Pusat Layanan Emerson di Asia Tenggara menyebutkan, Stan Kalibrasi baru Emerson dapat meningkatkan keunggulan solusi bagi klien melalui layanan kalibrasi untuk flow meter berukuran besar. Layanan ini disebut mengurangi insiden terhentinya kegiatan operasional dan pipa produksi (downtime) sebesar 80% bagi klien di Asia Tenggara.

Pusat layanan service Emerson di Asia Tenggara telah meningkatkan keunggulan yang akan didapatkan oleh para klien dari adanya layanan baru untuk kalibrasi flow meter/ meter arus berukuran besar. Hal ini dapat mempersingkat waktu yang diperlukan untuk memperbaiki jalur produksi sampai dengan 80% bagi seluruh klien di Asia Tenggara.

Layanan stan kalibrasi baru tersebut mencakup penambahan ukuran pipa dari .10 hingga 4 inci menjadi ukuran yang jauh lebih besar, yakni 12 inci. Hal ini telah meningkatkan laju aliran (flow rate) dari 0,05 menjadi 3.000 kilogram per menit, dan kapasitas alir sampai 12.000 kg/menit.

Sebelum tersedianya calibration stand / alat kalibrasi dalam ukuran yang besar, klien di sektor migas dan kimia harus mengirimkan flow meter ukuran besar ke fasilitas pengujian di luar negeri. Dengan adanya flow meter ukuran baru ini, klien dapat mendiagnosa, memperbaiki, atau mengkalibrasi perangkat sesuai dengan standar kalibrasi pabrik. Proses ini tidak hanya menguras waktu, namun juga biaya, sehingga kerap menghentikan dan menunda kegiatan operasional.

Kini, Pusat Layanan Service Emerson di Asia Tenggara berhasil mengatasi kendala ini dengan menawarkan layanan kalibrasi di wilayah lokal untuk berbagai jenis perangkat instrumentasi. Layanan ini menghemat waktu dan sumber daya klien  berkat dukungan tenaga spesialis dalam penjaminan mutu, diagnosa, persiapan perakitan, dan perbaikan secara langsung di lokasi. Hasilnya, durasi kalibrasi dan layanan dapat dipersingkat dari dua bulan menjadi dua minggu.

Selain calibration stand / alat kalibrasi yang baru, tenaga ahli Emerson kini dapat mendiagnosa dan mengatasi kendala flow meter serta masalah lain dari jarak jauh (remote) di Asia. Hal ini menghemat biaya secara keseluruhan, mempercepat kegiatan operasional, dan menjamin keselamatan personel klien dan Emerson pada masa pandemi Covid-19.

Pusat Layanan Emerson di Asia Tenggara mematuhi standar internasional, bahkan telah memiliki sertifikasi ISO 17025 atas manajemen mutu. Sertifikasi ini memastikan laboratorium Emerson memenuhi standar teknis penting untuk melakukan kalibrasi secara valid. Dengan akreditasi Singapore Accreditation Council (SAC), tergabung dalam ILAC-MRA, hasil kalibrasi dapat diterima di negara-negara lain tanpa memerlukan layanan pengujian atau verifikasi tambahan.

Pusat layanan ini juga telah sesuai dengan standar kalibrasi Singapore Standards (SS), yakni SS660, SS648, untuk pengiriman kargo bungker. Emerson juga memperoleh status sebagai Authorized Verifier (AV) / Pengawas Resmi dalam program “Weights and Measures” Enterprise Singapore. Dengan status ini, Emerson berwenang menyegel flow meter setelah dikalibrasi di laboratorium. Layanan ini menjamin terpenuhinya kewajiban regulasi dan ketentuan kontrak untuk flow meter yang digunakan dalam pengiriman zat berwujud di sektor migas (custody transfer) / meter kustodian. Emerson berencana mengajukan Akreditasi ISO17025 dan memperoleh status Authorized Verifier / pengawas resmi untuk peningkatan kapabilitas yang lain. Dengan demikian, Emerson menjamin ketelusuran metrologi dan keandalan proses untuk berbagai laboratorium dan fasilitas. Layanan ini tersedia dari 14 Pusat Layanan Global yang dikelola lebih dari 400 tenaga ahli lokal di 14 wilayah di seluruh dunia.

Tentang Emerson 
Emerson (NYSE: EMR), berkantor pusat di St. Louis, Missouri (Amerika Serikat), adalah perusahaan global yang bergerak di bidang teknologi dan teknik. Emerson menyediakan berbagai solusi inovatif bagi klien-klien industri, komersial, dan residensial. Solusi Otomatisasi Emerson membantu perusahaan-perusahaan process manufacturing, hybrid manufacturing, dan discrete manufacturing memaksimalkan produksi, melindungi personel dan lingkungan hidup, sekaligus mengoptimalkan biaya konsumsi energi dan operasional. Sementara, Solusi Komersial & Residensial Emerson menjamin tingkat kenyamanan dan kesehatan manusia, melindungi kualitas dan keamanan makanan, meningkatkan efisiensi energi, serta menciptakan infrastruktur berkelanjutan. Informasi lebih lanjut tersedia di Emerson.com. (ril)