banner 700250

Satpol PP dan WH Kembali Beraksi Dengan Damai di Blok PJKA Bireuen

oleh -295 views

Bireuen (AD) – Tim Satpol PP dan WH Bireuen yang diback up aparat gabungan (TNI/Polri), Selasa (11/8), kembali melakukan penertiban untuk ke tiga kalinya di kompleks Pasar Ikan Lama (Kawasan Blok PJKA, Dusun Capa Utara) yang berlangsung sangat kondunsif dan tanpa adanya perlawanan dari para pedagang.

Sebelumnya puluhan pedagang di kawasan Blok PJKA Bireuen, ramai-ramai ke DPRK Bireuen, untuk beraudensi dengan anggota dewan setempat, bulan lalu, menyusul para pedagang dan buruh yang berasal dari Dusun Capa Utara, mengaku tempat usahanya di gusur dan mereka menuntut keadilan. Para pedagang dan buruh itu, di Gedung dewan diterima Pimpinan DPRK Bireuen, masing-masing, Rusyidi Mukhtar, S.Sos dan Sauqi Futaki, S.Fil I, serta dalam audiensi tersebut didampingi Katua Fraksi Juang Bersama, Zulfikar Apayuh, SE dan Ketua Komisi II Munazir Nurdin. Pertemuan anggota dewan dengan para pedagang dan buruh, untuk mencari salusi dan dicapai kesepakatan, mereka tetap bejualan sampai lebaran idul adha usai.

Seperti dimati media ini, sejumlah anggota Satpol PP dan WH Bireuen, dalam penertiban itu, tampak tenang saat turun dari truk Satpol PP dan penertiban itu sendiri berlangsung sangat kondunsif dan berjalan dengan damai. Anggota tim gabungan ikut membantu para pedagang ikan, sayur, dan barang dagangan lainnya yang berada di komplek pasar ikan lama Bireuen. Saat penertiban berlangsung, para pedagang itu, tidak menunjukkan pembangkangan serta anggak anarkis, karena sesuai kesepakatan sebelumnya dengan anggota dewan dalam satu audiensi yang sepakat berjualan sampai lebaran idul adha usai, mereka bersedia pindah.

BACA..  Ibu TP PKK Bireuen Ikut Bimtek

Kepala Satpol PP dan WH Bireuen, Chairullah Abed, SE kepada awak media menyebutkan penertiban yang dilakukan pihaknya yang merupakan untuk ketiga kalinya. Penertiban kali ini, berjalan tanpa kendala berarti, ini  dari hasil kesepakatan dengan anggota dewan, sebelum lebaran idul adha lalu.
“Waktu itu pedagang minta waktu sampai usai Lebaran, ini sudah 10 Lebaran maka dilakukan penertiban, dan penertiban itu sendiri berjalan sangat lancer,” Chairullah seraya mengatakan masing-masing pedagang segera mengosongkan barang dagangan, memindahkan meja ke tempat yang dibolehkan

BACA..  Kapendam IM : TMMD Pengabdian Untuk Negeri

Menghindari agar pedagang tidak berjualan lagi, kata Chairullah, Satpol PP mendirikan satu pos untuk memantau dan mengoptimalkan apa yang sudah dilakukan yang diharapkan para pedagang itu, tidak berjualan lagi di lokasi yang tidak dibolehkan. Sebagian pedagang yang berjualan di pasar ikan lama, yang disebut Chairullah, sudah ada tempat berjualan di pasar Induk Cureh, Kota Juang, Bireuen.”Untuk itu, mereka dapat menempati lokasi yang disediakan,” ujar kasatpol PP dan WH kabupaten Bireuen.

Sebelumnya dalam pendapat akhir Fraksi Juang Bersama DPRK Bireuen menyangkut dua ranqka prioritas tahun 2020. Juli lalu, sangat mengapresiasi kegiatan penertiban yang sedang dilaksanakan Satpol PP dan WH Kabupaten Bireuen selama beberapa pekan terakhir bersama TNI/Polri dan dinas terkait. (Maimun Mirdaz).