Dandim :Melalui TMMD, Prajurit Bangkitkan Semangat Gotong Royong dan Wujudkan Kemanunggalan TNI Rakyat

oleh -125 views

SIMALUNGUN| Program lintas sektoral TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang saat ini digelar serentak di jajaran Kodam di Indonesia telah banyak memberikan pelajaran berharga betapa penting dan luar biasanya semangat gotong royong membangun bangsa.Selain itu TMMD juga bangkitkan tradisi gotong royong budaya bangsa Indonesia.
Demikian dikatakan Komandan Kodim 0207/Sml Letkol Inf Robinson Talluoadang. S. I. P. MH, Selasa (10/07/2018) saat meninjau lokasi sadaran fisik renivasi RTLH di Kel Bah Sorma.
Ia mengtakan, di kegiatan TMMD,semua bahu membahu, memberikan sumbangan pikiran, ide, gagasan, sumbangan tenaga dan keterampilan, sumbangan materi dan kebendaan, dan lainnya.
“Saya selalu merasa senang atas kegiatan-kegiatan yang berbasis kegotong royongan untuk kepentingan masyarakat, ” ungkapnya.
Membangun jalan, renovasi rumah tidak layak huni (RTLH) dan jembatan bebarengan di wulayah 4 kecamatan di Siantar guna mewujudkan pembangunan merata demi meningkatkan taraf ekonomi masyarakat
“Sudah banyak yang temoto dan sangat membantu aksebilitas masyarakat untuk mereka yang akan bekerja, bersekolah, beribadah, berkegiatan sosial dan aktivitas lainnya. Kemudian memugar RTLH, membangun jambanisasi ataupun sanitasi. Sangat baik untuk meningkatkan derajat kehidupan masyarakat yang lebih layak dan sehat, “, jelasnya.
Belum lagi upaya-upaya pemberdayaan masyarakat untuk mengentaskan kemiskinan. Ini luar biasa, ditengah upaya kita mengatasi persoalan kemiskinan, TNI hadir dengan program TMMD
Selain itu, kata Dandim, melalui TMMD juga TNI terus mengedukasi masyarakat tentang nasionalisme, tentang ancaman terorisme dan radikalisme, serta bahaya narkoba khususnya para generasi muda generasi penerus bangsa.
Diharapkan para pemuda dan anak-anak bangsa harus terus dibangun karakternya, tidak individualis, hedonis, dan apatis, tetapi menjadi generasi yang mempunyai karakter milenial yang baik, toleran, berjiwa sosial, peduli terhadap lingkungan serta selalu menjunjung tinggi kebenaran dan kejujuran.
“TMMD bukan semata membangun sarana fisik bagi masyarakat desa, tetapi dalam TMMD juga membangun semangat dan percaya diri masyarakat agar mampu mengelola potensi yang dimiliki serta kesiapsiagaan menghadapi setiap ancaman dan tantangan yang sedang dan akan dihadapi”, jelasnya.
Dandim mengajak kepada segenap komponen dan elemen masyarakat agar rakyat makin sejahtera dan mandiri dengan adanya prigram TMMD.
“Kita juga ingin rakyat punya daya tangkal dan daya cegah terhadap berbagai hal yang menjadi ancaman terhadap keutuhan bangsa. Begitupun kalau rakyat ditanya, tentu mereka juga menginginkan kehidupan yang sejahtera”,bebernya.
Dandim juga meyakini bahwa masyarakat juga ingin memberi banyak kontribusi bagi negeri. Itulah satu keinginan dan satu tujuan yang harus diintegrasikan dalam satu langkah nyata untuk membangun desa dan kehidupan rakyatnya yang makin baik, layak sehat dan sejahtera lahir mauoun batin.
“Ayo kita dukung semua kegiatan sosial TNI, khususnya TMMD dengan program pembangunan yang mensejahterakan masyarakat desa. Bangun desa tanpa meninggalkan kearifan lokal yang dimilikinya. “Desa maju, fasilitas pelayanan dasar masyarakate komplet, SDM-nya makin berkualitas, mandiri, punya spirotualitas tinggi, kreatif dan inovatif serta berkarakter kebangsaan yang kuat, dan lestari kebudayaannya”, pungkasnya. (Red)