Himpunan Kerukunan Tani Indonesia Gelar Musyawarah Daerah

oleh -66 views
Himpunan

Aceh Utara (AD) –  Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Kabupaten Aceh Utara Menggelar Musyawarah Daerah (Musda)  dan Pengukuhan Himpunan Kerukunan Petani Indonesia Kabupaten Aceh Utara.

Pengukuhan dilakukan langsung oleh Ketua DPD HKTI Aceh Usman AR di Cafee Maliki, pada  Sabtu (12/06/2021) sekira pukul 10.00 Wib.

Acara yang mengusung  tema “Petani Maju Rakyat Sejahtera” dan diikuti seluruh Ketua DPC Se-Aceh Utara. terpilih secara Aklamasi untuk Pemilihan Ketua HKTI DPD Kabupaten Aceh Utara Periode 2021-2026.I

“Ini merupakan musyawarah yang pertama di Indonesia yang nantinya akan menghasilkan dari pada Penerus generasi untuk memajukan Negara dalam Bidang Pertanian dan Kesejahteraan Petani Indonesia khususnya Petani di Aceh.” Kata Ketua HKTI Provinsi Aceh Usman AR.

Kedepan setelah diselenggarakan Musyarawah dan Pengukuhan HKTI Aceh Utara diharapkan mampu memberdayakan para petani, ujarnya.

Ketua HKTI Aceh Usman AR menambahkan  selama ini seluruh Ketua DPD HKTI Se-Indonesia menolak impor beras dari negara lain agar harga padi masyarakat meningkat.

“Kenapa kita harus impor beras dari Negara lain, Indonesia semua sektor kita miliki baik dari sektor pertanian, sektor perikanan dan sektor perkebunan, apabila ini kita manfaatkan kita bisa meningkatkan perekonomian masyarakat kita sendiri,” ungkapnya.

Sementara itu Ketua DPC HKTI Aceh Utara periode 2021-2026  Buni Amin, Dalam Sambutannya mengatakan  HKTI Aceh Utara akan bersinergis dengan kelompok tani yang ada untuk memberikan dukungan dan semangat bagi mereka.

“Kami akan mendata dan merangkul seluruh petani agar nanti bisa meningkatkan sumber penghasilan petani di Kabupaten Aceh Utara,” ujarnya.

Buni Amin menambahkan, Aceh Utara kedepan akan menjebatani kepentingan para petani dengan Pemerintah setempat demi untuk kesejahteraan petani.

HKTI (Himpunan Kerukunan Tani Indonesia) adalah sebuah organisasi sosial di Indonesia yang berskala nasional, berdiri sendiri dan mandiri yang dikembangkan berdasarkan kesamaan aktivitas, profesi, dan fungsi di dalam bidang agrikultur dan pengembangan pedesaan, sehingga memiliki karakter profesional dan persaudaraan. HKTI didirikan pada 27 April 1973 di Jakarta melalui penyatuan empat belas organisasi penghasil pertanian utama.

HKTI bertujuan meningkatkan pendapatan, kesejahteraan, harkat dan martabat insan tani, penduduk pedesaan dan pelaku agribisnislainnya, melalui pemberdayaan rukun tani komoditas usaha tani dan percepatan pembangunan pertanian serta menjadikan sektor pertanian sebagai basis pembangunan nasional dalam rangka mewujudkan tujuan nasional sebagaimana termaktub dalam Pembukaan Undang Undang Dasar 1945. .(Sayed Panton).