example banner

Pembuatan Alat Hand Sanitezer Tanpa Menyentuh Untuk Menghadapi Covid-19

oleh -201 views

example banner

example banner

OPINI Oleh | Muhammad Ilham Manishe
Faculty of Engineering,Electrical Engineering, Malikussaleh University

Abstrak

example banner

Penyakit Virus Corona (COVID-19) tahun 2020. merebaknya virus baru coronavirus jenis baru (SARS-CoV-2) yang penyakitnya disebut Coronavirus disease 2019 (COVID-19). Virus ini ditemukan di Wuhan, China pertama kali dan sudah menginfeksi 90.308 orang per tanggal 2 Maret 2020. Melihat fenomena yang terjadi di seluruh dunia ini membuat semua lembaga turut andal dalam melawan virus corona ini.Salah satunya Universitas Malikussaleh yang mewajibkan mahasiswanya yang telah memenuhi syarat untuk mengikuti mata kuliah KKN untuk ikut serta dalam upaya menghambat dan melawan penyebaran virus corona dengan program KKN COVID-19 Universitas Malikussaleh .KKN ini dapat dilakukan secara daring maupun luring yang terdiri dari berbagai tema mulai dari KKN Balik Kampung sampai KKN Penulisan Karya Pengabdian. Salah satu tema KKN COVID-19 yang diadakan Universitas Malikussaleh adalah KKN Penulisan Karya Pengabdiaan.Dimana pada tema ini meminta mahasiswanya untuk berinovasi dalam penulisan Artikel yang dapat menjadi edukasi masyarakat dalam upaya mencegah penyebaran virus corona. Pada KKN yang dilakukan di PT.Lentera Bumi Nusantara ini, kegiatan lebih berfokus pada penyediaan alat keselamatan masyarakat terutama mahasiswa dari berbagai kampus di Indonesia yang baru datang ke tempat ini untuk melaksanakan Kerja Praktek,Tugas Akhir ,Penelitian ataupun kunjungan, dalam pencegahan menghadapi virus corona ini salah satu pencegahannya seperti pembuatan hand sanitizer otomatis tanpa menyentuh .Selain itu KKN ini juga memanfaatkan media cetak dengan memberikan cara pembuatan alat-alat yang telah dibuat.

BACA..  Rumah Baca Lentera Raih Penghargaan Delapan Terbaik Nasional 2020

Kata kunci : Covid-19, hand sanitizer.

Pendahuluan

World Health Organization (WHO) menyatakan bahwa Coronavirus adalah suatu kelompok virus yang dapat menyebabkan penyakit pada hewan atau manusia[1]. Di Indonesia, berdasarkan data dari kementrian kesehatan sampai tanggal 26 Oktober 2020 kasus positif corona telah mencapai angka 392 ribu jiwa. Penyebaran ini sudah terjadi hampir di seluruh wilayah nusantara.Perlu penanganan cepat dari Pemerintah dan masyarakat untuk memutuskan rantai penyebaran Covid-19.Dengan wilayah Indonesia yang luas membuat penanganan khusus Covid-19 sedikit terhambat dalam pengiriman alat penunjang kesehatan karena jarak yang cukup jauh dan jadwal pengiriman yang terbatas.

PT.Lentera Bumi Nusantara merupakan tempat Penelitian pengembangan teknologi dan Pengembangan pembangkit Listrik Tenaga Angin yang berada di pesisir pantai selatan tepatnya di desa Ciheras Kabupaten Tasikmalaya ,Provinsi Jawa Barat yang membuat tempat ini sering di datangi berbagai mahasiswa dari berbagai kampus di Indonesia .Salah satu cara memutuskan mata rantai Covid-19 dengan mencuci tangan,hand sanitezer,mandi dan memakai masker untuk mahasiswa yang baru datang.

Metode Pelaksanaan

Pelaksanaan Kegiatan KKN dilakukan di Lentera Bumi Nusantara Jalan. Raya Ciheras Rt 02 Rw 02 kampung. Sindang Asih, Dusun Lembur Tengah, Desa Ciheras, Kec. Cipatujah, Kab. Tasikmalaya.Kegiatan KKN dimulai dari bulan Oktober hingga tanggal 20 November 2020.Tema yang dipilih pada KKN ini adalah“Penulisan Karya Pengabdian”.

BACA..  Rumah Baca Lentera Raih Penghargaan Delapan Terbaik Nasional 2020

Metode pelaksanaan KKN dilakukan secara daring maupun luring.Pelaksanaan KKN secara luring diantaranya pembuatan alat Hand Sanitezer Otomatis.Metode Pelaksanaan KKN ini meliputi Perancangan Desain dan Skematik Alat, Pembelian Komponen, Pembuatan dan Pengujian Program, Perakitan Alat, Evaluasi, Finishing dan Penerapan ke Masyarakat. Sedangkan Pelaksanaan KKN secara daring meliputi penyebaran cara pembuatan, skematik alat serta coding alat pada sosial media.

Hasil dan Pembahasan

Penyebaran virus corona terjadi akibat kontak fisik terutama melalui tangan. Untuk itu diminta untuk sering-sering mencuci tangan menggunakan sabun setelah selesai melakukan pekerjaan atau setelah melakukan kontak fisik dengan orang lain. Hand Sanitizer merupakan pembersih tangan yang memiliki kemampuan anti bakteri dalam menghambat hingga membunuh bakteri. Pada hand sanitizer otomatis menggunakan microcontroller arduino uno, 2 buah motor servo dan sensor ultrasonik, dimana motor servo akan menggerakkan tutup botol sabun cuci tangan sehingga hand sanitezer keluar secara otomatis ketika tangan di dekatkan ke sensor ultrasonic yang sudah diatur jaraknya.

Proses pengerjaan alat ini membutuhkan waktu beberapa hari mulai dari pembuatan coding arduino, perakitan komponen, packaging tahap 1, tahap pengujian, evaluasi dan finishing. Selain itu pengerjaan alat baru dikerjakan setelah KKN dilaksanakan karena kekurangan dalam dana dan pemesanan komponen membutuhkan waktu 5 hari karena pemesanan dilakukan secara online. Berikut adalah dokumentasinya.

BACA..  Rumah Baca Lentera Raih Penghargaan Delapan Terbaik Nasional 2020

 

Gambar 1.Instal Software Arduino
Gambar 2.Menyiapkan komponen seperti microcontroller arduino uno, 2 motor servo,sensor ultrasonic dan kabel jumper.
Gambar 3.Pesan Hand Sanitezer.
Gambar 4.Proses Simulasi Menggunakan Software Arduino.
Gambar 5.Skema Rangkaian.
Gambar 6.Merakit Alat Hand Sanitezer Otomatis.
Gambar 7.Mencoba Alat Hand Sanitezer Otomatis.

Media Sosial menjadi salah satu tempat untuk sharing ilmu dan lain sebagainya. Untuk itu alat-alat yang dibuat pada KKN ini di share cara pembuatannya melalui media sosial agar alat tersebut juga dapat dibuat oleh orang lain.

Penutup

Universitas Malikussaleh melakukan sebuah inovasi baru yaitu KKN COVID-19 UNIMAL, KKN ini mampu memberikan solusi untuk mahasiswa tetap menjalankan KKN di tempat tinggal mereka masing-masing Ataupun dimana mahasiswa berdomisili baik secara daring maupun luring. Dalam menjalankan program KKN COVID yang diterapkan oleh UNIMAL saya merasa sangat terbantu, dimana saya bisa menolong sesama dalam menghadapi virus corona. Dalam KKN COVID-19 yang dilakukan UNIMAL ini saya memanfaatkan ilmu yang saya dapatkan selama diperkulihan yaitu membuat alat-alat dalam keselamatan masyarakat dalam menghadapi virus corona.

Adapun alat yang saya buat selama KKN ini seperti Hand Sanitezer Otomatis. Selain itu saya juga membagia cara pembuatan alat dan coding arduino melalui media cetak agar alat yang saya buat dapat dibuat oleh orang lain. Pelaksanaan KKN ini diharapkan dapat membantu masyarakat sekitar dalam menghadapi Covid-19.(*).

Referensi

[1] https://www.who.int/indonesia/news/novel-coronavirus/qa-for-public

Program mikrokontroller arduino uno
https://drive.google.com/drive/folders/1sT9DVqyGXlmk1As-IHGyZhRCKf-B5dPZ?usp=sharing

Penulis | Muhammad Ilham Manishe, Mahasiswa Program Studi Teknik Elektro Universitas Malikussaleh. Mengikuti Program KKN Penulisan Karya Pengabdian (KKN – PKP) di Bawah Bimbingan Dosen Pembimbing Lapangan Anwar Puteh, S. E.,M.E.