Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Lanal Sabang Peringati Hari Kesehatan TNI-AL Tahun 2021

oleh -9 views
Ka. Rumkit J Lilipiry Mayor Laut (K) dr Sofyan Ali Basit, Sp. BA, membagikan nasi tumpeng kepada petugas kesehatan pada Hari Kesehatan TNI-AL.

Sabang (AD) Komandan Lanal Sabang, Kolonel Laut (P) Ardhi Sunaryo, S.T., M.M, yang diwakili Ka Rumkital J. Lilipory Sabang, Mayor Laut (K) dr. Sofyan Ali Basit, Sp.BA. memperingati Hari Kesehatan Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut Tahun 2021 yang jatuh pada tanggal 09 Oktober setiap tahun, yang digelar di Rumah Sakit J Lilipory Lanal Sabang, Senin (11/10/2021)

Pada pelaksanaan peringatan Hari Kesehatan TNI Angkatan Laut bertindak selaku pembacaan amanat adalah Aspers Kasal Laksda TNI Irwan Achmadi, M.Tr(Han)., CHRMP, dalam rangka peringatan “Hari Kesehatan TNI Angkatan Laut Tanggal 09 Oktober 2021, dengan Tema Dangan Semangat Harkesal TNI AL Siap Mewujudkan Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh.”.

Adapun amanat Aspers Kasal Laksda TNI Irwan Achmadi, M.Tr(Han)., CHRMP, sebagai berikut :
1. Para perwira Bintara Tamtama dan segenap pegawai negeri sipil lingkungan TNI Angkatan Laut yang saya banggakan dimana pun berada dan bertugas.

2. Mengawali amanat ini, marilah kita memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, Allah Subhanahu Wa Ta’ala, karena atas limpahan rahmat serta karunia-nya, pada pagi hari ini kita dapat memperingati hari kesehatan TNI Angkatan Laut tahun 2021, dalam keadaan sehat Wal Afiat. Peringatan Hari Kesehatan TNI Angkatan Laut kali ini, diperingati masih dalam kekuatiran ditengah pandemi Covid- 19 yang belum usai, sekalipun secara nasional kasusnya sudah turun dan terkendali, TNI Angkatan Laut melalui Dinas Kesehatan Angkatan Laut dan satuan kerja lainnya telah bekerja dan berupaya keras serta bergerak cepat untuk dapat menekan angka penularan covid-19 di jajaran TNI Angkatan Laut.

3. Prajurit kita sudah banyak yang terpapar Covid-19 Hal ini disebabkan oleh interaksi sosial di lingkungan kedinasan maupun di luar kedinasan dan masih ada yang mengabaikan tentang protokol kesehatan. Hal yang harus dilakukan berikutnya adalah penerapan protokol kesehatan secara disiplin dan konsisten, serta melaksanakan imunisasi/vaksin Covid-19 bagi seluruh prajurit TNI Angkatan Laut beserta keluarganya dalam rangka mendukung program pemerintah, agar tercapai Herd Immunity sehingga pandemi Covid-19 bisa terkendali sepenuhnya. Marilah kita bersatu padu untuk saling menjaga baik menjaga diri sendiri, keluarga dan orang lain yang ada di sekitar kita dari bahaya penularan Covid-19, karena ini ini adalah bentuk upaya kita dalam memerangi Covid-19.

BACA..  Plt Disdikbud: Tingkatkan Mutu Pendidikan dengan Mengoptimalkan KKG

4. Segenap prajurit TNI Angkatan Laut dan pegawai negeri sipil yang saya banggakan, Pada kesempatan ini saya sampaikan bahwa sesuai dengan tema hari kesehatan TNI Angkatan Laut tahun 2021 “Dengan Semangat Harkesal TNI Angkatan Laut Siap Mewujudkan Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh” melalui Dinas Kesehatan Angkatan Laut selaku badan pelaksana pusat TNI Angkatan Laut diharapkan dapat melaksanakan pembinaan kesehatan yang baik dan Paripurna sehingga dapat mewujudkan kesehatan prajurit TNI Angkatan Laut beserta keluarganya, karena hal tersebut merupakan salah satu modal dasar untuk melanjutkan pembangunan nasional. Perlu kita ketahui bersama bahwa dalam melaksanakan tugas, TNI Angkatan Laut selalu berpedoman pada dua aspek yang sangat menentukan keberhasilan yaitu aspek kekuatan dan aspek kesiapan.

5. Bidang kesehatan dapat diwujudkan dalam bentuk kesiapan prajurit untuk melaksanakan tugas, baik operasi militer maupun operasi militer selain perang. Apabila ada prajuritnya tidak sehat mustahil dapat menjalankan tugas dengan baik. Upaya penyiapan kesehatan prajurit TNI Angkatan Laut menjadi hal yang sangat penting dalam mendukung pelaksanaan tugas TNI Angkatan Laut, hal ini sangat sesuai dengan tema yang diambil dalam rangka peringatan Hari Kesehatan Angkatan Laut tahun ini. Dengan tema kali ini diharapkan seluruh prajurit TNI Angkatan Laut terutama Korps Kesehatan mempunyai kesatuan pandangan dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya agar mengutamakan penyiapan kesehatan prajurit TNI Angkatan Laut dan keluarganya. Penyiapan kesehatan prajurit TNI Angkatan Laut bukan pekerjaan yang mudah, pekerjaan ini membutuhkan usaha yang keras dan kerjasama seluruh prajurit. Untuk itu perlu kerjasama, selalu saling mengingatkan dengan rekan sekerja, yang lebih penting lagi penekanan dari para Komandan satuan agar menekankan kepada seluruh anggotanya untuk selalu menjaga kesehatan, menerapkan protokol kesehatan dan melaksanakan uji pemeriksaan kesehatan, memeriksakan kesehatan secara rutin dan berkala, dalam bidang dukungan kesehatan personil perlu dilaksanakan beberapa hal sebagai berikut :

BACA..  UPTD Balai Tekkomdik Gelar Workshop Penyusunan Media Pembelajaran Berbasis Digital

a. Mempersiapkan sarana prasarana Fasilitas Kesehatan TNI Angkatan Laut dalam menghadapi tantangan penugasan ke depan terkait penggelaran kekuatan TNI Angkatan Laut, satuan-satuan operasi dan perkembangan lingkungan strategis.

b. Memprioritaskan pelayanan kesehatan personil TNI Angkatan Laut beserta keluarganya.

c. Mempersiapkan, merencanakan dan melaksanakan pemeriksaan uji kesehatan (Urikes) bagi prajurit, agar senantiasa sehat dan siap melaksanakan tugas operasi.

6. Para perwira Bintara Tamtama serta segenap pegawai negeri sipil yang saya banggakan, melalui amanat ini saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada segenap Perwira, Bintara dan Tamtama serta pegawai negeri sipil TNI Angkatan Laut di manapun berada dan bertugas, terutama korps kesehatan TNI Angkatan Laut atas dedikasi, loyalitas dan pengabdian yang telah diberikan dalam mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas yang diemban.

7. Sebelum mengakhiri amanat, perlu saya sampaikan beberapa hal sebagai berikut :

BACA..  Perkuat Soliditas dan Merajut Kekompakan Lanud MUS Ikut Kegiatan Touring di PP Kota Sabang

a. Tingkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena segala pertolongan termasuk penyembuhan penyakit Covid-19 adalah datangnya dari Tuhan Yang Maha Esa.

b. Tingkatkan terus upaya penyiapan kesehatan prajurit agar terwujud prajurit yang siap tempur dalam penugasan.

c. Tingkatkan dukungan dan pelayanan kesehatan TNI Angkatan Laut agar dapat menjamin kesehatan personel TNI Angkatan Laut dan keluarganya dari wabah Covid-19.

d. Tingkatkan dan kembangkan terus kemampuan kesehatan matra laut melalui peningkatan dukungan sarana dan prasarana kesehatan melalui pendidikan dan latihan bagi tenaga kesehatan TNI Angkatan Laut secara berjenjang dan berlanjut.

e. Jalin kerjasama yang baik antar satuan maupun instansi diluar TNI Angkatan Laut dalam upaya pencegahan dan penanggulangan covid 19.

8. Akhirnya marilah kita berdoa dan memohon Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa, Allah Subhanahu Wa Ta’ala senantiasa melimpahkan rahmat dan Ridho-Nya serta memberikan petunjuk kekuatan dan perlindungan-Nya, kepada kita semua dalam melanjutkan tugas pengabdian kepada TNI Angkatan Laut, Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai bersama.

9. Sekian dan terima kasih “Dirgahayu Kesehatan TNI Angkatan Laut Jalesveva Jayamahe.

Hadir dalam kegiatan Ka Rumkital J. Lilipory Sabang, Mayor Laut (K) dr. Sofyan Ali Basit, Sp.BA., Para Perwira, Bintara, PNS, dan Honorer Rumkital J.Lilipory Sabang. Dengan rangkaian kegiatan, Apel pagi seluruh personel Rumkit J.Lilipory, Pembacaan Amanat Aspers Kasal, Doa, Pemotongan Tumpeng, Foto bersama, Ramah tamah. Dalam rangkaian Hari Kesehatan TNI AL telah diselenggarakan Olah raga bersama, serbuan vaksinasi maritim dan khitanan massal.

Rangkaian kegiatan berjalan dengan aman dan lancar. Selama kegiatan, tetap menerapkan Protkes Covid-19.(*).

Laporan: Jalaluddin Zky