Suami Ratu Inggris Meninggal Hari Jum’at, Usia Hampir 100 Tahun

oleh -36 views
example banner

example banner

LONDON (AD)-Suami Ratu Inggris, Pangeran Philip, meninggal dalam usia 99 tahun 10 bulan, Jumat (9/4/2021).

“Dengan duka mendalam bahwa Ratu Yang Mulia telah mengumumkan kematian suami tercintanya, Yang Mulia Pangeran Philip, Duke of Edinburgh. Yang Mulia meninggal dunia dengan tenang pagi ini di Kastil Windsor,” demikian pengumuman Istana Buckingham seperti dikutip Atjehdaily.Id dari BBC, Jumat (9/4).

Tidak dijelaskan penyebab kematiannya, namun Februari lalu Pangeran Philip sempat dilarikan ke rumah sakit karena penyakit jantung. Pada bulan Maret, ia menyelesaikan perawatannya di sana dan kemudian pulang untuk melanjutkan perawatannya di Kastil Windsor.

BACA..  Serda Muslim Bantu Petani Cabut dan Memindahkan Bibit Padi

Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson mengatakan Pangeran Philip telah menginspirasi banyak pemuda yang tidak terhitung jumlahnya.

Berbicara dari kantornya di Downing Street, Boris Johnson mengatakan Pangeran Philip membantu menjalankan Keluarga Kerajaan dan kerajaan, “sehingga tetap menjadi sebuah institusi yang sangat penting untuk keseimbangan dan kebahagiaan kehidupan nasional kita.”

Pada 20 November 1947, Philip menikah dengan Ratu Elizabeth II, ketika Inggris dan banyak negara di dunia berada dalam masa suram setelah Perang Dunia II. Mereka merupakan sepupu jauh, keduanya bertemu di 1939 dan tetap menjalin hubungan selama konflik dunia. Setelah melepaskan titel kebangsawanan Yunani dan Denmark, Philip diangkat sebagai Duke of Edinburgh tak lama sebelum pernikahan.

Pasangan Elizabeth II – Philip dikaruniai empat anak: Charles, Pangeran Wales (72 tahun), Anne, Putri Kerajaan (70), Pangeran Andrew, Adipati York (61), Edward , Pangeran Wessex (57). Mereka memiliki delapan cucu, dan 10 cicit. Charles saat ini menjadi putra mahkota.

BACA..  Serda Muslim Bantu Petani Cabut dan Memindahkan Bibit Padi

Masa kecil di pengasingan

Suami Ratu Inggris, Pangeran Philip ,lahir di sebuah vila neoklasik abad ke-19 di pulau Corfu, Ionia, Yunani, yang pada saat itu menjadi milik keluarganya. Menurut Reuters, ia terlahir sebagai Philippos Schleswig-Holstein Sonderburg-Glucksburg, anak kelima dan satu-satunya putra Pangeran Andrew dari Yunani dan Putri Alice dari Battenberg.