Dengan Pelatihan Dasar Kader Posyandu Desa Jadi Garda Terdepan

oleh -93 views
Nora Idah Nita dengan Dinas Kesehatan Aceh Tamiang, beri pelatihan Kesehatan Ibu dan Anak bagi Kader Posyandu Desa. Rabu, 8 Desember 2021

 GOOGLE NEWS

[Dengan Pelatihan Dasar Kader Posyandu Desa Jadi Garda Terdepan]

KUALASIMPANG (AD) – Dengan dilakukan pelatihan dasar Kesehatan Ibu dan Anak diharap kader Posyandu Desa bisa menjadi motivasi front bagi kemajuan pelayanan kesehatan di Kabupaten Aceh Tamiang, Aceh.

Kegiatan itu diinisiasi Anggota DPR Aceh, Nora Idah Nita dari Partai Demokrat dan Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan yang optimal dan berkelanjutan.

Begitu, tegas Nora Idah Nita yang juga Anggota Komisi V DPR Aceh dari Daerah Pemilihan 7 [Kota Langsa dan Aceh Tamiang] di Banda Aceh. Jumat, 10 Desember 2021 pada atjehdaily.id.

Diharapkan, Kader Posyandu bisa menjadi garda terdepan terhadap perlindungan Kesehatan Ibu dan Anak melalui Pelatihan dasar kader Posyandu Desa se – Kabupaten Aceh Tamiang tersebut.

Hati kecil Srikandi Aceh Tamiang [begitu julukan Nora Idah Nita] itu merasa terpanggil untuk menjadikan kader Posyandu kearah yang lebih profesional dan bertanggungjawab.

Nora berkomitmen untuk membangun pelayanan kesehatan Aceh Tamiang kearah yang lebih baik dan bermartabat dari semua sektor.

“Saya berkomitmen, membangun Aceh Tamiang dari semua sektor. Apalagi ini-kan tanah kelahiran saya, seyogianya harus saya perhatikan. Terutama itu, membangun dijajaran kesehatan, khususnya Ibu dan Anak, sebab bangsa yang hebat terlahir dari jiwa dan fisik yang sehat,” jelasnya.

Apalagi itu; Kegiatan pelatihan dasar Kader Posyandu desa tersebut sangat penting untuk membantu pemerintah daerah upaya meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat khususnya kesehatan ibu dan anak.

Pun begitu; kegiatan tersebut juga guna mempersiapkan generasi sehat Posyandu yang menjadi garda terdepan dalam membangun kesehatan ibu dan anak, karena posyandu merupakan suatu pelayanan kesehatan anak yang bertujuan memenuhi kebutuhan kesehatan dasar dan peningkatan gizi masyarakat.

“Pelatihan dasar Kader Posyandu sangat penting, karena mereka akan jadi pelopor terdepan dalam praktek di lapangan,” sebutnya.

Nora Idah Nita yang dijuluki Srikandi Aceh Tamiang ini mengharapkan dengan adanya peningkatan pengetahuan dan sikap Kader Posyandu ini akan dapat mendorong kelancaran pelayanan publik yang berkaitan dengan tugas dan fungsi kader posyandu yang ada di Aceh Tamiang.

Menurut Nora, pentingnya kader Posyandu adalah yang memiliki kontribusi kepada masyarakat karena Kader Posyandu yang terdepan dan lebih dekat ke masyarakat. Sekarang posyandu telah berubah yang tadinya hanya melayani bidang kesehatan saja tetapi sekarang bidang sosial dan bidang yang lainnya.

“Jadi kita harus bangga jadi Kader Posyandu, karena ini merupakan bentuk sosial yang saling kompleks. Perilaku hidup sehat harus diterapkan sejak dini seperti pola asuh dan peningkatan ekonomi keluarga mempengaruhi perkembangan anak dan diharapkan dapat mengurangi angka stunting di Aceh Tamiang,” harap Nora.

Dalam kegiatan tersebut Srikandi Aceh Tamiang ini juga memberikan bantuan untuk Posyandu Desa berbentuk makanan pendamping asi yakni susu, kacang hijau, gula, telur serta yang lainnya.

“Alhamdulillah, kita juga memberikan bantuan kepada Posyandu Desa dalam melaksanakan tugasnya melayani dan membantu dalam hal kesehatan ibu dan anak,” sebutnya.

Kadiskes Beri Aspresiasi.

Sementara itu secara terpisah Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Tamiang, Ibnu Azis mengaspresiasi anggota DPRA Nora Idah Nita terhadap kepedulianya untuk para Kader Posyandu di Aceh Tamiang.

“Ini kegiatan yang perlu kita aspresiasi, dengan mengalokasikan Pokirnya untuk pelatihan Kader Posyandu. Kader Posyandu kita butuh peningkatan dan update terrkini tentang kesehatan,” ungkap Ibnu Azis.

Ibnu Azis berharap dengan kegiatan yang dilakukan anggota DPRA Nora Idah Nita dapat diikuti oleh anggota DPRA lainnya sehingga para Kader Posyandu kita dapat wawasan yang lebih luas lagi.

“Mudah – mudahan ini menjadi agenda rutin bagi peningkatan Kader Posyandu,” harapnya mengakhiri. [Syawaluddin].