Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Tak Memiliki Kartu Vaksin Calon Penumpang Nyaris Adu Jotos

oleh -0 views
Pelda M Efendi memberi keterangan kepada calon penumpang di pelabuhan Balohan Sabang.

Sabang (AD) Petugas Covid-19 kian memperketat aturan terhadap protokol kesehatan, bagi calon penumpang yang hendak menyeberang menggunakan kapal laut di pelabuhan Balohan Sabang. Bahkan, pihak petugas Covid-19 yang bertugas pada Minggu pagi (10/10/2021) nyaris adu jotos dengan calon penumpang yang tidak memiliki kartu Vaksin atau surat keterangan resmi lainnya.

Informasi yang diterima media ini dari petugas Covid-19 Pelda Muhammad Efendi menyebutkan, pada Sabtu tanggal 10 Oktober 2021 petugas Covid-19 yang terdiri Babinsa, Bhabinkamtibmas, Satpol-PP, POM AU dan Kepolisian Polres Sabang memeriksa kartu Vaksin bagi setiap calon penumpang yang hendak membeli tiket.

Pelda Muhamad Efendi, mengatakan, pihaknya melaksanakan kegiatan PPKM mikro level 3 di pelabuhan penyeberangan kapal feri Balohan Sabang, sekaligus sosialisasi tentang Vaksin bagi setiap calon penumpang.

Hal tersebut sesuai peraturan yang dikeluarkan oleh Pemerintah Kota (Pemko) Sabang, dimana setiap orang yang akan berpergian ke luar Sabang khususnya wajib menunjukan kartu Vaksin atau surat keterangan resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah. Apabila ada calon penumpang yang belum divaksin maka, yang bersangkutan ditunda dulu keberangkatannya.

“Hari ini kejadian demi kejadian di pelabuhan Balohan contoh satu rombongan trepel sebanyak 7 orang belum divaksin membeli tiket secara online sebelum menuju ke Sabang. Nah, saat mereka kembali di pelabuhan Balohan dilakukan pemeriksa Kartu Vaksin namun, mereka tidak dapat menunjukan kartu vaksin maka petugas pun bersikap tegas dengan tidak memberi ini ijin naik ke kapal,” kata Pelda M. Efendi Babinsa Gampong Ujong Kareung, Koramil 01/SJ, Kodim 0112/Sabang.

BACA..  Banting Mahasiswa, Sepantasnya Oknum Polisi di Tangerang Di - PTDH, Kapolda Banten Mundur

Ke 7 orang calon penumpang tersebut jelas Pelda M. Efendi, awalnya tidak menerima jika mereka harus menunjukan kartu Vaksin dengan alasan saat di pelabuhan Ule Lhueu Banda Aceh tidak diwajibkan menunjukan kartu Vaksin, sehingga adu mulut pun tidak dapat dihindarkan

Namun, setelah diadakan kordinasi oleh pihak kapal dan penjual tiket akan memberlakukan pembelian tiket secara langsung maupun tidak langsung dalam artian online. Apabila belum divaksin tiket kapal tidak akan dijual calon penumpang, agar divaksin terlebih dahulu ditempat yang sudah disediakan pemerintah., jelasnya.

BACA..  Hari-hari Kritisi PPKM, Eh Youtuber Ini Ternyata DPO Polisi

Disampaikan juga semua kegiatan yang mengarah ke pada Vaksin akan dibantu untuk mencapai target yang ditentukan oleh pemerintah, dan dihimbau agar selalu mematuhi protokol kesehatan covid 19 pakai masker cuci tangan dan jaga jarak., harap Pelda M. Efendi.

Merujuk pada ketentuan yang dikeluarkan Pemerintah Kota Sabang Nomor. 440/6373 Tentang Persyaratan Sertifikat Vaksin Covid-19 Bagi Pelaku Perjalanan Dari/Ke Kota Sabang, seluruh calon penumpang wajib menunjukan kartu Vaksin, jadi bagi petugas di pelabuhan Ule Lhueu juga harus menjalankan aturan yang sama.(*).

Laporan: Jalaluddin Zky