Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Jalan Lintas di Tengah Kota Kualasimpang Mulai Kopak Kapik

oleh

Jalan Lintas di Tengah Kota Kualasimpang Mulai Kopak Kapik

Laporan | Zulherman

KUALASIMPANG (AD) – Jalan lintas Medan – Banda Aceh (Cut Nyakdhien) ditengah kota Kualasimpang, Ibukota Kabupaten Aceh Tamiang, Aceh. Tampak mulai kopak kapik dipenuhi lubang. Selain mengganggu pengguna jalan juga estetika keindahan dan kerapian kota.

Jalan di tengah kota Kualasimpang dinyatakan sebagai jalan Lintas Medan – Banda Aceh, sejak statusnya ditingkatkan, tepatnya sejak jalan kota Kualasimpang diresmikan oleh Bupati H. Mursil selesai direkayas beberapa waktu lalu.

Saat ini kondisinya sudah terlihat rusak, jalan mulai membentuk lubang-lubang dan semakin dalam dikuatirkan dapat membahayakan para pengguna jalan khususnya pemakai kendaraan roda dua.

Data lapangan yang diperoleh atjehdaily.id dilapangan, banyak pengguna jalan mengelak lubang-lubang yang kian dalam dan kesulitan.

Kondisi itu dijumpai diseputaran jalan Cut Nyakdhien tapatnya di simpang empat sakinah jalan Kampung Kota Lintang Kecamatan Kota Kualasimpang di sebabkan jalan yang sudah berlubang .

Terkait jalan tersebut; Kepala bidang Bina Marga (Kabid) PUPR Aceh Tamiang Baihaqi mengatakan; jalan itu merupakan jalan lintas Nasional bukan jalan Kabupaten jadi perawatannya pakai anggaran Nasional tidak boleh pakai APBK.

Lebih jauh Boy mengatakan; pengaspalan jalan dimaksud tidak lagi menggunakan dana dari Anggaran Pembangunan dan Belanja Kabupaten (APBK) Aceh Tamiang, tetapi menggunakan anggaran Nasional. “Itu menjadi tanggung jawab Balai Besar Jalan Nasional (BBJN), Pemkab Aceh Tamiang hanya bisa menyurati agar jalan tersebut diperbaiki,” kata Baihaqi.

Seorang pengguna jalan Maimun 47 tahun mengatakan; seharusnya Bupati respek, segera menyurati pihak yang terkait terhadap kelangsungan jalan tersebut.

“Kita berharap pak Bupati faham, sebelum ada korban, upayakan perbaikannya, kalau boleh ditalangi dahulu, caranya bagaimana, mereka-kan lebih tahu,” jelas Maimun.

Tidak hanya Maimun, Ismail Pedagang buah di pasar pagi Kualasimpang mengatakan; Seharusnya Bupati Aceh Tamiang H. Mursil, SH, Mkn mau memperhatikan dan memperbaikinya terserah anggaran dari mana sebab di kuatirkan jalan ini nantinya bisa memakan korban.

Apa lagi kalau ibu-ibu yang mengendarai sepeda motor, sangat rentan untuk terjatuh, terlihat ada tiga lobang jalan yang rusak tepatnya di depan Bank Mandiri Depan Bank BNI, dan simpang tiga kota lintang kota Kuala simpang menuju jalan Sakinah. [*]