Bisnis Kopi Kian Menggoda

oleh -79 views

Aceh Utara (AD) – Aceh yang dijuluki sebagai provinsi kopi membuka peluang bisnis bagi kawula muda . Tidak heran bila ilmu tentang kopi yang salah satu di kenal dengan Barista kian diminati.

Sekolah Seduh Kopi Barista Training melakukan training Barista selama 6 hari di Cafe ASB (Atuh Singgih Bergandal) Aceh Utara.

Trainer Teuku Ghufran Wafi, Rabu 9 Juni 2021 mengatakan tranning barista ini bukan hanya belajar cara menyeduh kopi tetapi juga di ajarkan proses pasca panen.

Ada enam peserta training mendapatkan ilmu Proses pasca panen berlangsung 1 hari dengan kunjungan ke kebun kopi yang bertempat di gunung salak Aceh Utara, ungkap Teuku Ghufran Wafi.

Para peserta lanjutnya, juga di ajarkan bagaimana level roasting. Hal ini sangat penting bagi barista agar mereka pahan dan tau dari mana dan proses bean kopi mereka.

Teuku Ghufran Wafi juga mengatakan dirinya dan Ari Ichsan Niate yang bersertifikat Assesor Barista BNSP dipercaya memberi materi tentang barista.

Trainer Teuku Ghufran yang akrab di panggil Wafi menceritakan, proses pembelajaran ini sangat penting bagi industri kopi khususnya pada edukasi kopi, para peserta sangat antusias mengikuti acara ini walaupun mereka harus mengeluarkan uang pendaftaran.

Trainer yang lain Ari berharap, para alumni sekolah kopi ini mampu membagi dan mengembangkan ilmu kopinya kepada khalayak ramai.

Kegiatan sekolah kopi ini mendorong ekonomi kreatif di kalangan anak muda. Dengan terlaksananya part 1 ini antusias kalangan muda untuk tau dan mendalami dunia perkopian ini sangat besar, pungkasnya Teuku Ghufran Wafi, (Redaksi).