Empat Desa di Tanah Jambo Aye Ikut Pembekalan SDG’s Tahun 2021

oleh -87 views

Aceh Utara (AD) – Empat desa di kecamatan Tanah Jambo Aye, Aceh Utara mengikuti Pembekalan Tim Relawan Kelompok Kerja Pemutakhiran Data SDG’s tahun 2021. Acara pembekalan tersebut dilaksanakan di gedung balai desa kecamatan setempat, Minggu 9 Mei 2021.

BACA..  LPPNRI Soroti Lampu Penerangan Jalan di Aceh Besar

Faizin salah satu Pendamping Desa (PD) Pemberdayaan Kecamatan saat dikonfirmasi oleh media atjehdayli.id mengatakan kegiatan pembekalan ini menindaklanjuti peraturan menteri desa, pembangunan daerah tertinggal, dan transmigrasi nomor 13 tahun 2020 tentang prioritas penggunaan dana desa tahun 2021, dan peraturan menteri desa, pembangunan daerah tertinggal, dan transmigrasi nomor 21 tahun 2020.

BACA..  Forum Jurnalis Aceh Cabang Bireuen Diketuai Oleh Maimun Mirdaz

Lanjutnya Faizin, peraturan nomor 21 tahun 2020 merupakan pendoman umum pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat desa, yang salah satunya mengatur tentang pendataan desa dan memastikan ketercapaian pendataan SDG’s desa sesuai dengan prioritas kedua penggunaan dana desa tahun 2021 yaitu ” Untuk Mendukung Program Prioritas Nasional.”

Tambahnya, pendataan SDG’s ini sangat penting karena untuk penghitungan dana desa, alokasi dana desa untuk tahun 2022. Apabila pendataan ini tidak dilakukan kemungkinan ada pengurangan dana desa dan bisa kehilangan dana desa di tahun berjalan, “ini wajib dilakukan di desa,” terangnya Faizin PD Pemberdayaan Kecamatan Tanah Jambo Aye ini.

Faizin menambahkan, kegiatan ini baru dilakukan tingkat pelatihan pengisian data dan nanti ada juga tingkat pemutakhiran data, kemungkinan ada beberapa pelatihan yang akan dilakukan.

Pada hari ini ada empat desa yang mengikuti pembekalan tersebut diantaranya desa Lhok Bintahu, Cot Biek, Biram Rayeuk, dan Lhok Meurbau.

Pemateri dalam kegiatan tersebut turut dihadirkan dari Tenaga Ahli Pengembangan Teknologi Tepat Guna (TA-TTG) Pak Yus Syah, dan Tenaga Ahli dari Provinsi Pak Mulizan. Dan hadir juga Bukhari dan Iswani selaku Pendamping Desa di Kecamatan Tanah Jambo Aye.

Pada pelatihan SDG’s ini yang diutamakan adalah Dusun, Kepala Desa, dan operator, di setiap desa dihadirkan 7 peserta dan 1 orang PLD selaku mitra desa.(Sayed Panton).