Mabes Polri Turunkan Tim Observasi ITK Ke Sabang.

oleh -126 views

Sabang (ADC) – Mabes Polri turunkan Tim Observasi Indeks Tata Kelola (ITK) ke Polres Sabang, kegiatan tersebut dilaksanakan guna menguji sejauh mana penilaian publik terhadap kinerja Polri khususnya di Polres setempat. Kegiatan yang di gelar pada Senin tanggal (8/7/19) di aula Mapolres Sabang itu, dipimpin Kepala Bagian Pinjaman Luar Polri, Kombes I Putu Gede Mahendra.

Kepala Bagian Pinjaman Luar Negeri Polri Kombes I Putu Gede Mahendra, pada pembukaan kegiatan itu membaca amanat Kapolri, bahwa tujuan ITK Polri tersebut guna meningkatkan tata kelola Polri, sebagai tolak ukur dalam menjalankan tugas Polri sehari-hari dengan tata kelola yang objektif dan terukur., kata Kombes Pol I Putu Gede Mahendra didampingi Kapolres Sabang AKBP Syuhrul, S.I.K.

Kombes IPG Mahendra menambahkan, Patnership (Kemitraan) yang dilakukan Polri sejak beberapa tahun lalu, untuk dinilai oleh publik dalam tugas Polri saat memaberi pelayanan kepada masyarakat. Selain itu juga, Polri dapat bekerja dengan baik dan tidak berdampak pada korupsi, bekerja cepat, profesioanl dan objektif.

Oleh karenanya, Polri perlu penilaian dari publik dari seluruh lembaga beserta elemen masyarakat seperti instisusi TNI yang bertugas di perbatasan, ASN, Instansi Pemerintah, Lembaga Swasta, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, LSM dan Insan Pers., katanya.

Sementara, Mitra Polri Sigit Murwito menerangkan kerjasama antara lembaga yang dipimpinnya itu untuk mempromosikan tata kelola diberbagai aspek seperti Sumber Daya Manusia (SDM), Sumber Daya Alam (SDA) dan Energi. Maka, terlaksana ITK yang merupakan instrumen tolak ukur kinerja Polri dalam mewujudkan tata kelola Polri yang baik (Good Gevermance).

Hal itu juga agar Polri dapat bekerja menjadi aparatur Polri yang bersih dan tidak melakukan Korupsi Kolusi dan Nipotisme (KKN), dengan indeks terbagi 3 indikator diantaranya aparatur Polri yang bersih dan bebas KKN, pelayanan publik yang baik dan berkualitas dan kapasitas beserta akuntabilitas kinerja biokrasi yang terukur.

Terwujudnya Polri yang semakin profesional, moderen dan terpercaya (monoter), guna mendukung terciptanya Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berdasarkan gotong royong., terangnya.

Usai pembukaan hadirin yang hadir diminta mengisi formulir tentang tugas dan pelayanan Polri terhadap masyarakat melalui aplikasi persepsi.iktpolri.id. Pengisian itu sendiri dipertanyakan pelayanan Polri kepada masyarakat pada setiap satuan tugas Polri, kepada peserta diminta agar mengisi formulir tersebut dengan sejujurnya dan nama pengisi tidak dicantum

Hadir pada kegiatan tersebut diantaranya Kombes I Putu Gede Mahendra Kepala Bagian (Kabag) Pinjaman Luat Negeri Srena Polri, Pimpinan Lembaga Kemitraan Polri Sigit Murwito, Perwakilan Polda Aceh AKBP Mirwazi, SH, Kapplres Sabang AKBP Syahrul, S.I.K, Asisten I Pembangunan Perwakilan Pemko Sabang Adre Noerman, S.TP, Asisten II Administrasi Pemko Sabang, Drs Kamaruddin, Komandan Marinir Satgas Perbatasan Pulau Rondo, Perwakilan Danramil Sukajaya dan Sukakarya, Bagian Hukum Pemko Sabang, Kepala BNN Kota Sabang Jauhari,S.Sos, LSM Terawah Sabang, Advokad Irawan,SH, Tokoh masyarakat, Ormas dan Awak media.(Jalal)