Mahasiswa Poltas Dan Satgas TMMD Bekali Masyarakat Keterampilan Pengelasan

oleh -85 views

Tapaktuan | AP – Sejumlah 10 (sepuluh) orang mahasiswa Politeknik Aceh Selatan (Poltas) Jurusan Teknik Mesin, menggelar Training Pengelasan untuk masyarakat Desa Air Sialang Tengah dalam rangka mendukung kegiatan TMMD ke – 98 Kodim 0107/Aceh Selatan, Sabru 8 April 2017.

Dalam hal ini, Poltas bekerja sama dengan Kodim 0107/Aceh Selatan untuk mendukung kegiatan non fisik TMMD ke-98 tahun 2017, dengan tujuan untuk melatih masyarakat yang ada di Desa Air Sialang Tengah supaya dapat mandiri melakukan keterampilan teknik pengelasan, sehingga dapat menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat dan meningkatkan perekonomian warga setempat.

Materi pelatihan yang dibekali oleh tim Poltas Jurusan Teknik Mesin ini meliputi cara pengukuran, pemotongan, hingga pengelasan besi.

Dosen Teknik Mesin dan penanggung jawab training dari Poltas, Ikhsan, ST. MT mengatakan, ketebalan besi harus disesuaikan dengan arus travo jika melakukan pengelasan, karena apabila arus travo terlalu besar, besi bisa bolong dan jika arus terlalu rendah maka kekuatan penyambungan tidak efektif, bisa lepas.

“Harapan kami setelah training ini selesai, masyarakat bisa mengembangkan keterampilan ini, minimal satu orang warga menguasai untuk nantinya akan menjadi aset di desa. Apalagi disini daerah persawahan, banyak peralatan pertanian yang menggunakan besi seperti cangkul, mesin traktor dan sebagainya,” jelas dia. (HS)