Disdikpora Kota Sabang Laksanakan Bimbingan Teknis Penguatan Pendidikan Keluarga

oleh -109 views
Sabang I AP–Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Sabang, Sabtu (08/04) bertempat di Hotel Nagoya Inn melaksanakan Kegiatan Bimbingan Teknis Penguatan Penyelenggaraan Pendidikan Keluarga pada Satuan Pendidikan se-Kota Sabang.
 
Tujuan dari kegiatan tersebut dalam rangka meningkatan kualitas pendidikan, yang didukung masyarakat, orang tua murid dan guru pengajar. Kegiatan Bimbingan Teknis Penguatan Penyelenggaraan Pendidikan Keluarga pada Satuan Pendidikan se-Kota Sabang tersebut diikuti 60 peserta dari seluruh dunia pendidikan yang ada di Sabang.
 
Kepala Disdikpora Kota Sabang Drs Misman, dalam pidatonya pada acara pembukaan Bimbingan Teknis Penguatan Penyelenggaraan Pendidikan Keluarga pada Satuan Pendidikan se-Kota Sabang itu mengatakan, kegiatan penididkan didalam keluarga, lingkungan masyarakat dan di sekolah perlu terlibat semua pihak.
 
Tujuannya adalah, untuk menguatkan pendidikan bagi anak-anak dari usia dini, sampai mereka menuju Fakultas. Sebagaimana diketahui bahwa pendidikan sekarang yang kian maju, dengan diselimuti sistem kumputerisasi siswa/I harus benar-benar menguasai.
 
Nah, jika anak-anak tidak diawasi dan dikontrol maka, meraka akan ketinggalan dari sisi ilmu yang didapat dari sekolah. Untuk itu, masyarakat, orang tua murid dan guru harus benar-benar memperhatikan pendidikan serta pelajaran sekolah yang kini diterapkan.
 
“Jika orang tua murid dan masyarakat tidak ikut mengontrol serta mengawasi maka, anak-anak kita akan ketinggalan dalam ilmu pendidikan. Beberapa tahun lalu, guru masih bisa membantu murid pada saat ujian, sehingga kerap murid yang tidak semestinya lulus, dapat hasil terbaik ketika pengumuman. Sekarang ini semua soal dalam ujian system computer, jadi murid harus belajar dengan sungguh-sungguh”., kata Misman.
 
Ditambahkan, satuan pendidikan yang direkomendasikan Disdikpora Kota Sabang, sebagai rintisan pendidikan keluarga dan unsur pendidikan terkait. Pesertanya antara lain guru yang mengajar pada  Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) dan Sekolah Dasar (SD) sederajad.
 
Kemudian Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajad, Sekolah Menengah Atas (SMA) sederalad, Sekolah Menengah Kejuruan (SKM), Sekolah Luar Biasa (SLB) dan Sekolah Kegiatan Belajar (SKB). Kegaiatn tersebut juga dilibatkan penile PAUD, pengawas SD, SMP,SMA,SMK,SLB, SKB, penilik PNF,Himpaudi, IGTKI, Forum PKBM dan Dewan Pendidikan.
 
Hal itu guna menumbuhkan karakter budaya, prestasi pelajar peserta didik yang berkualitas. Sehingga, panduan dalm kegiatan ini dapat memberikan nilai fositif bagi siswa/I, dalam setiap menghadapi ujian terutama pada pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), dimana mulai sekarang sudah diterapkan., ungkapnya.
 
Dijelaskan, pelaksanaan Bimbingan Teknis Penguatan Penyelengaraan Pendidikan Keluarga pada Satuan Pendidikan, yang diikuti 60 peserta dari berbagai pendidikan yang akan dipandu oleh, Ibu Sita Alfiah,S,Psi sebagai Fasilator Pusat dan Daerah tentang penjelasan teknis (Dinamika Kelompok).
 
Kemudian tentang Kebijakan Teknis Pelibatan Keluarga dan Masyarakat di Satuan Pendidikan, akan dipandu saudara Adi Irawan,ST dari pusat. Selanjutnya, mengenai Pelaksana Pertemuan Wali Kelas dengan Orang Tua dipandu Ibu Murliana juga dari pusat.
 
Terakhir, tentang Pelaksanaan Pameran Karya Siswa dan Pentas Akhir Tahun, yang menjadi nara sumbernya adalah sudarai Rita Jahiti Tanjung. Dengan kegiatan lainnya seperti Diskusi Kelompok Implementasi Pelibatan Keluarga dan Masyarakat Masing-Masing Jenjang dan Jenis Pendidikan.
 
Pelaksana UNBK tidak semua sekolah yang sudah diberlakukan baik yang di Provinsi maupun Kota Sabang, namun kedepan akan diberlaukan seluruh lini pendidikan, dalam ujiannya dengan cara UNBK., di Sabang palksanaan UNBK yang telah diberlakukan baru SMPN-I dan SMAN sederajad., jelasnya.(jalal).
—————————

BACA..  Viral Joget di Maulidulrasul, Kepsek dan Dewan Guru SMPN 1 Tanah Jambo Aye Minta Maaf