Pelaksaan Seni Budaya Weh Rampoe Festival Berjalan Hikmat

oleh -77 views

Sabang (ADC) – Pemerintah Kota (Pemko) yang dilaksanakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Sabang, pada hari Minggu tanggal (07/10/18) bertempat di Arena Wisata Sabang Fair gelar Weh Rampoe Festival 2018.

Walikota Sabang yang diwakili Wakil Walikota Drs Suradji Junus, dalam sambutannya menyampaikan atas nama Pemerintah dan masyarakat mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta Weh Rampoe Festival 2018, baik peserta Rapa’i dari Pase Aceh Utara, seniman dari Kota Banda Aceh dan seniman-seniman Kota Sabang.

“Pada kesempatan ini atas nama Pemerintah Daerah dan masyarakat kami mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta baik peserta Rapa’i dari Pase, Seniman dari Banda Aceh maupun Seniman Kota Sabang, semoga pelaksaan Weh Rampoe Festival 2018, menjadi salah satu budaya yang dapat menarik kunjungan wisatawan ke Sabang,”ucapnya.

Lebih lanjut dikatakan kebudayaan daerah merupakan bagian kebudayaan nasional, yang memiliki makna penting bagi suatu daerah. Begitu juga, dengan lingkungan yang nyaman dan bersih harus lah menjadi perhatian dari kita semua.

Dengan pelaksaan Weh Rampoe Festival 2018 tentunya akan mendapatkan Sabang sebagai kawasan wisata yang tidak hanya memiliki keindahan alam laut, tetapi juga kita memiliki kebudayaan dan seni yang tidak dimiliki daerah lain, sehingga akan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Sabang.

Kepala Dinas Kebudayaan Kota Sabang Faisal, didampingi Kepala Bidang Kebudayaan Ramlan Yahya, mengatakan Weh Rampoe Festival 2018 digelar sebagai eksibisi seni dalam rangka mengangkat kebudayaan dan seni dikawasan wisata Nol Kilo Meter Indonesia.

Dijelaskan, kegiatan Weh Rampoe Festival yang merupakan kegiatan yang telah menjadi agenda tahunan, bagi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Sabang, dpertunjukan beberapa kebudayaan dan seni yang merupakan amanah peninggalan Endatu masyarakat Aceh.

BACA..  DPRA Ingatkan Pemerintah Aceh Untuk Perbaiki Tata Kelola Pemerintahan

Kebudayaan dan kesenian yang dipertunjukkan antara lain Tari Rampoe, Rapa’i Pase, Multi Etnis Sabang dan Rapa’i Musik. Para peserta menunjukan budaya dan seni, yang merupakan adat-istiadat serta tata cara kehidupan orang Aceh yang penuh persahabatan dan keakraban sesama manusia.

Hadir pada pembukaan tersebut antara lain Wakil Walikota Sabang Drs Suradji Junus, Asisten I Andre Noerman, Kadis Pendidikan Pemuda dan Olahraga Desiana, staf khusus Walikota Sabang Adi Laweung, Kabid Kebudayaan Pariwisata Aceh Evi Mayasari dan Kabid Promosi Pariwisata Aceh Ramadhani.(Jalal)