Delapan Gampong di Aceh Jaya Terendam Banjir

oleh -167 views
Delapan Gampong di Aceh Jaya Terendam Banjir

ATJEHDAILY.ID – Sebanyak delapan gampong (desa) dari dua kecamatan di Kabupaten Aceh Jaya terendam banjir akibat hujan dengan intensitas tinggi melanda wilayah tersebut sejak sore tadi.

“Air naik sekitar pukul 17.00 WIB menyebabkan genangan di badan jalan akses dan pemukiman masyarakat,” kata Kepala Pelaksana BPBK Aceh Jaya, Fajri, di Aceh Jaya, Sabtu.

BACA..  Sukses Amankan Sabang Marine Festival 2024, Kapolres: Berkat Kerja Sama yang Solid Semua Pihak

Fajri menyampaikan, pemukiman warga mulai digenangi banjir sekitar pukul 19.00 WIB. Adapun dampak dari banjir tersebut membuat masyarakat terisolir dan sulit untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

“Karena jalan tersebut merupakan akses satu-satunya masyarakat untuk melakukan aktivitas,” ujarnya.

BACA..  Babinsa Desa Meunasah Mon Ajak Murid SD Krueng Raya Latihan Sepak Bola

Fajri menuturkan, banjir tersebut terjadi karena adanya luapan sungai Krueng Masen di Kecamatan Darul Hikmah dan tersumbatnya saluran drainase lainnya.

“Ketinggian air rata-rata 10 hingga 30 centimeter dan untuk sementara debit air belum surut namun tidak menutup kemungkinan apabila hujan terus-menerus hingga esok hari akan terjadi banjir besar,” kata Fajri.

BACA..  Sukses Amankan Sabang Marine Festival 2024, Kapolres: Berkat Kerja Sama yang Solid Semua Pihak

Adapun sejumlah gampong yang tergenang banjir yaitu di Kecamatan Darul Hikmah Gampong Babah Dua, Masen, Baro L, Panton Krueng, Lamteungoh, Ujong Rimba, dan Krueng Tho. Sementara di Kecamatan Indra Jaya hanya di Gampong Meudang Ghon.

sumber:antara