Kapal Cepat Citra Jet Tenggelam di Sabang

oleh -132 views

Sabang (ADC) -Kapal cepat MV.Citra Jek yang sebelumnya melayani pelayaran Sabang – Ule Lheu Banda Aceh, tenggelam di Gampong Kreung Raya Kecamatan Sukakarya Kota Sabang.

Menurut keterangan dari Syahbandar (KSOP) Sabang terkait tenggelamnya kapal MV. Citra Jet 03 di Perairan Sekitar Pulau Kelah-Ujung Sekundur, Gampong Krueng Raya, Kecamatan Sukakarya Kota Sabang itu disebab kondisi alam atau cuaca.

Kepala Syahbandar Adi Surya mengataka kapal MV. Citra Jet 03 sejak tahun 2014 K sandar di drrmaga CT-1 Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS), dengan kondisi kapal dalam keadaan tidak terpakai/rusak berat.

Pihak BPKS kemudian sebelum pelaksanaan Event Sail Sabang 2017 yang dilaksanakan tanggal 28 November lalu memindahkan kapal tersebut dan lego jangkar diperairan sekitar Pulau Klah-Ujung Sekundur, Gampong Krueng Raya, Kecamatan Sukakarya Kota Sabang pada tanggal 25 November 2017 silam.

Namun, tidak mengetahui persis siapa pemilik Kapal MV. Citra Jet 03 tersebut. Karena ada kegiatan pelaksanaan Event Sail Sabang 2017 agar tidak menggangu lalu lintas perairan maka kapal yang berbodi fibet itu dipindahkan.

“Kondisi kapal memang tidak bisa dioperasikan, karena rusak berat maka pihak BPKS memindahkan. Lagi pula, ada kegiatan Sail Sabang dan meganggu pelabuhan sandar”., kata Adi kepada awak media Rabu (06/12/17) di Sabang.

BACA..  Dishub Aceh Tamiang Tertibkan Parkir Liar di Kota Kualasimpang

Dijelasķan, tenggelamnya Kapal MV. Citra Jet 03 tersebut pada titik koordinat : 05° 52. 169′ N 095° 18.611° E dan dimungkinkan faktor cuaca buruk yang mengakibatkan kapal tersebut terombang-ambing dan menghantam karang.

Bisa saja terjadinya kebocoran lambung kapal sebelum dipindahkan di Perairan sekitar Pulau Kelah-Ujung Sekundur, Gampong Krueng Raya, Kec. Sukakarya Kota Sabang pada tanggal 25 November 2017 yang lalu.

Maka, dugaan sementara dikarenakan faktor cuaca buruk yang melanda perairan Pulau Sabang dalam beberapa hari ini dimana setiap memasuki Bulan Desember cuaca di Pulau Sabang memasuki Angin Barat., jelasnya.

Sementara kepala BPKS Ir.Fauzi Husien, yang dikonfirmasi media ini melalui WA mengatakan saya masih diluar kota dan coba hubunngi kepala pelabuhan BPKS mereka yang tau banyak tentang kapal Ferry Ctra Jet. Pun begitu setahu saya kapal tersebut tidak pernah mengajukan permohonan izin sandar ke BPKS., terangnya.

Kepala pelabuhan BPKS Zulkarnaini, melalui WA hand phone miliknya mengatakan untuk saat ini belum bisa kami konfirmasi atas tenggelamnya kapal tersebut, setelah di unchore ke Ujung Sekundur Gampong Kreung Raya.

Kapal tersebut dipindahkan dermaga CT-1 milik BPKS digunakan untuk menyandarkan kapal yang mengikuti kegiatan Sail Sabang., jelas Wak Nen nama sapaannya yang mengaku dirinya sedang sakit.

Dari amatan dilapangan ada kejanggalan pemindahan kapal cepat Citra Jet, yang tenggelam itu. Dan sangat ironisnya lagi, jika memang alasan demaga digunakan untuk Sail Sabang kenapa hanya kapal cepat Citra Jet yang dipindahkan sedangkan kapal Pulo Deudap masih berada di seputar dermaga CT-1.(jalal)