Serma M Jakfar Cs Beraksi di Lampoh Tarom, Mahasiswi Terlibat

oleh -25 views
Serma M Jakfar
Aksi peduli lingkungan prajurit TNI di kawasan Kuta Baro, Aceh Besar. Foto: ist

Serma M Jakfar Cs Beraksi di Lampoh Tarom, Mahasiswi Terlibat

 Kutabaro (AD) –  Serma M Jakfar memimpin personil Komando Rayon Militer (Koramil) 08/Kuta Baro Kodim 0101/Aceh Besar melaksanakan gotong royong bersama masyarakat di wilayah binaan yakni di Desa Lampoh Tarom Kecamatan Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar, Minggu, 4 Juli 2021  kemarin.

Kegiatan yang turut melibatkan mahasiswa dari program studi ilmu keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Abulyatama Kecamatan Kuta Baro itu menyasarkan pembersihan di kanan-kiri jalan gampong dan seputaran pekarangan tempat ibadah (Masjid/Mushola).

Serma M. Jakfar yang memimpin personil Koramil 08/Kuta Baro mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan wujud kepedulian terhadap kelestarian lingkungan supaya lingkungan menjadi lebih bersih, rapi, sehat dan nyaman.

“Hadirnya kita disini guna memotivasi masyarakat agar lebih peduli terhadap kebersihan lingkungan. Karena kebersihan lingkungan itu adalah suatu keharusan bagi setiap individu manusia,” jelasnya.

Dengan adanya kegiatan ini setidaknya dapat mengurangi dampak yang ditimbulkan akibat lingkungan kotor seperti berbagai serangan penyakit berbahaya terutama dalam kondisi pandemi Covid 19 seperti sekarang ini.

“Dalam kondisi seperti sekarang ini, Lingkungan yang sehat adalah kunci agar terhindar serangan segala penyakit, sehingga kita perlu jadi perhatian kita bersama,” ujarnya.

Selain itu, tambahnya, kegiatan ini juga untuk menjaga hubungan silaturahmi antara personil TNI dalam hal ini personil Koramil 08/Kuta Baro dengan seluruh komponen masyarakat di wilayahnya.

“Melalui kegiatan ini juga kita harapkan hubungan silaturahmi kita bisa semakin baik dan erat,” pungkasnya.

Aksi berbeda dilakukan personil Koramil 01/Seulimeum bersama unsur Muspika Seulimeum berkeliling desa atau patroli wilayah dengan menggunakan pengeras suara dan papan himbauan bertuliskan “Pakai Masker Untuk Keselamatan Kita Semua”.

Kegiatan kali ini ditujukan kepada pedagang dan masyarakat yang berapa di seputaran Pasar Tradisional Desa Pasar Seulimeum, Kecamatan Seulimeum, Kabupaten Aceh Besar.

Komandan Koramil 01/Seulimeum Kapten Inf Suwardi mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan rutinitas yang dilaksanakan pihaknya bersama unsur Muspika supaya masyarakat bisa patuh dan taat terkait penerapan Prokes Covid 19 tersebut.

“Ini semua kita lakukan demi kebaikan bersama. Harapannya angka penyebaran Covid 19 bisa cepat berkurang,” ucap Kapten Inf Suwardi saat dikonfirmasi Rabu lalu.

Sanada hal itu, Komandan Kodim 0101/BS Kolonel Inf Abdul Razak Rangkuti, S.Sos., M.Si mengungkapkan, bahwa selama dua hari ini pihaknya juga menggelar kegiatan vaksinasi kepada seluruh komponen masyarakat guna mensukseskan program pemerintah yakni percepatan vaksinasi.

“Sejak Kemarin, kita juga gelar suntik vaksin bagi seluruh komponen masyarakat di wilayah Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar. Yangmana hasilnya bisa melebihi target yang kita rencanakan,” jelas Dandim. (RP)