Satu Ton Panen Ikan Budidaya Keramba Apung di Langkahan

oleh -48 views

Aceh Utara (AD) Satu Ton panen ikan budidaya keramba apung binaan kodim 0103/ Aceh Utara, sangat memuaskan bagi masyarakat yang ada dibawah binaan babinsa Koramil Langkahan, Aceh Utara.Budidaya tersebut untuk meningkatkan ekonomi masyarakat saat ini, banyak cara yang harus ditempuh dan tidak hanya mengandalkan di sektor pertanian saja,namun dapat dilakukan oleh masyarakat untuk memanfaatkan lahan yang ada dilingkungan masing-masing.

Ketua kelompok ikan keramba apung Abdullah, Selasa (6/7) mengatakan membudidayakan ikan keramba apung merupakan bantuan dari Pangdam IM dibawah binaan Kodim 0103/Aceh Utara.

Abdullah menyebutkan dalam membudidayakan ikan ini dibina dan dibimbing langsung oleh Babinsa Koramil 29/Langkahan Serda Syamsudin dan Babinsa melakukan pendampingan dan Binaan sekaligus memotivasi kepada warga binaannya dalam mengembangkan budidaya ikan Keramba Apung ini yang di Desa Tanjong Dalam Selatan, Kecamatan Langkahan, Kabupaten Aceh Aceh Utara.

Sementara itu Serda Syamsuddin menjelaskan terkait dengan pemanfaatan lahan kosong, dirinya selalu memberikan ajakan kepada masyarakat di wilayah binaannya agar lahan yang masih kosong supaya dimanfaatkan, baik itu pelihara ternak, bercocok tanam dengan polybag.

Dengan adanya usaha budi daya Ikan keramba apung tersebut, merupakan salah satu usaha bantuan dari Pangdam IM saat melaksanakan kegiatan serbuan teritorial tahun lalu untuk mewujudkan ketahanan pangan warga masyarakat, jangan hanya di sektor pertanian, masyarakat harus mempunyai semangat yang tinggi untuk memanfaatkan lahan pekarangannya masing-masing yang dapat memberikan nilai tambah secara ekonomi seperti yang dilakukan Kelompok Ketua Tani Abdullah dan rekan- rekan, ungkap Babinsa.

” Saya selaku ketua kelompok keramba jaring apung mewakili dari pada anggota keramba mengucapkan ribuan terima kasih kepada Bapak Pangdam IM, Bapak Danrem 011/LW dan Dandim 0103/Aut,” ucapnya Abdullah.

“Alhamdulillah ini adalah Panen Keempat kalinya hasil dari Budidaya Ikan keramba apung,ini adalah salah satu Jenis usaha yang sangat menjanjikan untuk kesejahteraan masyarakat khususnya di Desa Tanjung Dalam,” terangnya.

Untuk panen ke empat ini kita bisa menghasilkan sebanyak 1000 kg (1 ton) dengan harga Rp. 15000/Kg, sisa Ikan Patin bantuan Pangdam IM binaan Kodim 0103/Aut, sebanyak 1,5 ton masih dalam keramba, ujarnya.

“Sekali lagi saya atas nama ketua kelompok dan masyarakat lainnya mengucapkan terimakasih kepada TNI yang selalu senantiasa memperhatikan kesejahteraan mayarakat, Pungkasnya pungkasnya Ketua kelompoknya Abdullah.(Sayed Panton).