Camat Kecamatan Baktiya Fajaruddin Lantik Lima Keuchik

oleh -92 views

Aceh Utara (AD) Camat Kecamatan Baktiya Fajaruddin,S.Sos melantik Lima Keuchik yang terpilih di tahun 2021 di bulan yang lalu di Kecamatan Baktiya, Kabupaten Aceh Utara, Selasa 6 Juli 2021. Acara pelantikan berlangsung di balai desa kecamatan setempat dan tetap mengikuti protokol kesehatan Covid-19.

Kasi Pemerintahan Kecamatan Baktiya Cut Roslaini,SE saat ditemui oleh media menyebutkan, Keuchik – Keuchik yang dilantik diantaranya Keuchik Gampong Tanjung Glumpang, Fadli Syah, Gampong Alue Jamok, Saidi, Gampong Panteu Breuh, Tgk. Martunis, Gampong Matang Mayam, Abdul Wahab, dan Gampong Alue Ie Tarek, Azhari.

Diantara Keuchik yang dilantik, kata dia, ada Dua Keuchik kubu petahana yaitu Abdul Wahab dari Gampong Matang Mayam, dan Azhari dari Gampong Alue Ie Tarek.

Sementara itu kata sambutan dari Camat Baktiya Fajaruddin,S.Sos menyampaikan ucapan terimakasih kepada panitia pemilihan Keuchik caleg, Tuha Peut Gampang yang telah melaksanakan pemilihan sehingga terpilihnya Keuchik yang definitif dengan masa bakti selama enam tahun.

Ia juga mengharapkan kepada Keuchik terpilih setelah pelantikan supaya dapat menjalankan tugasnya sesuai dengan tupoksinya masing-masing, dalam pengambilan keputusan ini terlebih dahulu di musyawarahkan dengan tuha peut, aparatur gampong, supaya tidak terjadi kendala di gampong.

“jika ada permasalahan yang tidak terselesaikan di gampong, mungkin pak Keuchik bisa bermusyawarah dengan kami muspika baik dengan pak Kapolsek, Bapak Danramil, Imum Mukim, dan Forum Keuchik supaya ada jalan keluarnya,” tegasnya Camat Baktiya.

Dia menyampaikan, tugas berat telah menantikan Keuchik, terutama dalam pengelolaan Dana Desa, peran Keuchik dalam pengelolaan Dana Desa yang di tinjau dalam perencanaan anggaran, pelaksanaan, dan evaluasi. Keuchik dalam mengelola Dana Desa harus transparan dan dapat dipertanggung jawabkan di setiap pengelolaan anggaran dan harus melibatkan setiap unsur-unsur masyarakat yang ada supaya tidak kesimpangsiuran dalam penggunaan Dana Desa itu sendiri.

Keuchik bersama aparatur gampong perlu memberikan dan meningkatkan pembinaan dan penyuluhan kepada masyarakat dalam tiap-tiap pertemuan tentang Dana Desa sehingga masyarakat sadar untuk turut berpartisipasi dalam meningkatkan sumber keuangan gampong demi kelancaran pemerintah dan pembangunan ke arah yang lebih baik, tutup Camat Baktiya Fajaruddin,S.Sos.

Selanjutnya kata sambutan dari Kapolsek Baktiya Ipda Syadli,SE juga mengajak para Keuchik yang dilantik harus bersemangat dan bisa membawakan nama gampong yang lebih baik, sekarang sudah bagus dan kedepannya lebih bagus lagi.

“Dengan bagus pemerintah gampong otomatis kita bisa juga membawakan nama Kecamatan, usahakan hal-hal yang positif,” ujarnya Kapolsek Baktiya.

Dan dia juga mengajak para pemerintah gampong yang ada di Kecamatan Baktiya agar lebih baik dalam menjalankan pemerintahan gampong, dan tuangkanlah ide-ide yang cemerlang. “Ini masa pengabdian kita lebih kurang enam tahun kepada masyarakat, dan usahakan yang terbaik dan transparansi dalam menjalankan roda pemerintahan gampong,” terangnya Syadli.

Pihaknya dari Kecamatan mengharapkan pada Keuchik yang baru dilantik agar menyesuaikan diri dengan kondisi lingkungan dan gampong, dan Syadli juga mengharapkan kepada Keuchik yang sudah dilantik agar merangkul kembali calon-calon yang bersaing disaat pemilihan, “ajak mereka dan rangkul mereka untuk membangun gampong dan membantu pemerintah gampong,” pungkasnya Kapolsek Baktiya Syadli,SE

Turut hadir di acara pelantikan Keuchik diantaranya Danramil Baktiya Pelda Edwarman, Kepala KUA Baktiya Zulkarnaini,S.Ag, Mukim Kemukiman Panteu Breuh Abdul Hanan, Mukim Kemukiman Alie Ie Puteh Muhammad Thaib, Ketua Forum Keuchik Baktiya As’adi, dan para tamu undangan lainnya.(Sayed Panton).