Sosialisasi SDG’s di Kecamatan Langkahan Diikuti 138 Peserta

oleh -72 views
Camat Kecamatan Langkahan Ramli Jazuli,SE

Aceh Utara (AD) – Acara sosialisasi quisioner SDG’s Desa di Kecamatan Langkahan, Aceh Utara diikuti 138 peserta dari 23 Gampong setiap Desa diikuti 6 peserta.

BACA..  Wali Kota Sabang Beri Bantuan Ke Palestina Melalui KNRP

Acara SDG’s Desa tersebut dilaksanakan dua hari Rabu s/d Kamis 2021, berlangsung di aula kantor Camat Langkahan.

Camat Langkahan Ramli Jazuli,SE saat ditemui oleh media Atjehdaily.id Kamis 6 Mei 2021 mengatakan kegiatan sosialisasi atau pelatihan dan penggandaan quisioner SDG’s Desa ini merupakan program pemerintah.

BACA..  Pemerintah Kota Sabang Apresiasi Kodim 0112/Sabang

Lanjutnya Ramli, program ini merupakan Pendataan Indek Desa Membangun (IDM). IDM 2021 juga berbasis SDG’s Desa.

Pemutakhiran data berbasis SDG’s Desa adalah pemutakhiran data IDM yang lebih detil lagi, lebih mikro, sehingga bisa memberikan informasi lebih banyak. Sebagai proses perbaikan, ada pendalaman data-data pada level RT, keluarga, dan warga, jelasnya Camat Langkahan.

Tamahnya, Pihak yang terlibat dalam proses pemutakhiran data SDG’s Desa ialah Kelompok Kerja Relawan Pendataan Desa, Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota, Pemerintah Daerah Provinsi, dan Kementerian Desa, PDT, dan Transmigrasi. Dengan merujuk pada Permendesa PDTT No 21/2020.

Sementara itu Humas forum Keuchik Langkahan Efendi Nurdin saat dikonfirmasi oleh media ini mengatakan ini merupakan program Pemerintah yang tertuang dalam Permendesa PDTT No 21/2020, dimana setiap desa diwajibkan untuk pendataan secara menyeluruh di desa.

Ia menambahkan pendataan secara menyeluruh ini dilakukan oleh setiap desa di Langkahan harus rampung di tanggal 31 Mei mendatang dalam kegiatan ini harus dilibatkan Keuchik, Sekretaris, Operator, dan Kadus.

Dirinya mengharapkan kepada pihak yang terlibat dalam pendataan quisioner SDG’s Desa tersebut harus benar-benar dilakukan secara profesional, agar data data yang kita buat benar – benar sesuai seperti yang ada di desa.

Dalam kegiatan sosialisasi quisioner SDG’s Desa di Kecamatan Langkahan pemateri dihadirkan dari Tim Ahli Pendamping Desa Kabupaten. Dan turut hadir juga Keuchik se Kecamatan Langkahan, Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa. (Sayed Panton).