BEM Hukum Unimal Selenggarakan Law Fair IV se Aceh

oleh -104 views

Laporan | Sayed

Lhokseumawe (AD) – Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Malikussaleh (BEM-FH Unimal) menggelar acara seminar dengan tema “Peran Mahasiswa Dalam Mengontrol Kebijakan Pemerintah Di Masa Pandemi”, Acara seminar ini merupakan acara pembukaan dalam rangkaian kegiatan Law Fair IV yang dilaksanakan secara daring, kata Maulana Azman Zuhri selaku Pjs ketua BEM Hukum kepada media lewat rilisnya, Kamis (5/11).

Lanjutnya, kegiatan Law Fair ini merupakan agenda tahunan BEM Hukum yang sudah digelar selama empat tahun belakangan ini.

Acara seminar dibuka oleh Dekan Fakultas Hukum Unimal Prof.Dr Djamaluddin S.H M.Hum serta turut dihadiri oleh para pembantu dekan dan para dosen fakultas hukum Unimal, kata Maulana Azman Zuhri.

Azman menambahkan seminar tersebut di isi oleh tiga pemateri antara lain pakar hukum pidana Unimal Yusrizal Hasbi, Koorbid Konstitusi dan Ketatanegaraan KoDe Inisiatif Violla Reininda S.H serta Presidium Nasional Perhimpunan Nasional aktivis 98 (PENA98) Arie Maulana.

Ia menjelaskan, Law fair ini diselenggarakan dalam skala daerah dan acara ini diikuti oleh beberapa kampus besar yang ada di Aceh seperti Unsiyah, Politeknik Negeri Lhokseumawe, IAIN Lhokseumawe, Universitas Teuku Umar, dan Stihmat.

Rangkaian acara Law Fair IV Fakultas Hukum Universitas Malikussaleh ini memiliki 6 cabang perlombaan tingkat daerah yaitu cipta puisi, orasi ilmiah, penulisan opini hukum, akustik dan debat ilmiah.

BACA..  FH Unimal Membangun Kerjasama Dengan Instansi Penegak Hukum di Aceh

Semua cabang lomba yang di pertandingan dibuka untuk seluruh Univeristas yang ada di Aceh guna untuk meningkatkan daya saing satiap mahasiswa yang mengikuti kegiatan Law Fair IV.

Law Fair IV ini dibuka dengan pertandingan debat tingkat daerah yang diikuti oleh beberapa kampus besar yang ada di Aceh yang dipandu langsung oleh Rizky sebagai penanggung jawab pertandingan debat ini, kata dia.

Tambah Azman, kompetisi debat ini berlangsung selama dua hari dari tanggal 26-27 Oktober 2020 yang diselenggarakan secara daring melalui media zoom dan perlombaan lainnya menyusul setelah selesainya kompetisi debat se Aceh ini.

Juri dari setiap cabang perlombaan berasal dari dosen dan tenaga ahli yang ada di Univeristas Malikussaleh, sebut Pjs ketua BEM Hukum ini.

Kegiatan tersebut di mulai dari tanggal 24 Oktober dan berakhir pada tanggal 3 November 2020, ujarnya.

BACA..  Dosen dan Mahasiswa Dampingi Pelaksanaan Pengajian di Tengah Pandemi

Acara Law Fair IV Fakultas Hukum Universitas Malikussaleh ini ditutup langsung oleh dekan Fakultas Hukum Prof.Dr Jamaluddin S.H M.Hum dan juga turut dihadiri para pembantu dekan serta para dosen dan juri perlombaan, sebut Azman.

Acara seminar lanjutnya ditutup tanggal 3 November 2020 dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dan disiarkan secara langsung melalui media zoom untuk para peserta yang berada di luar daerah.

Dipenutupan sekalian pembagian hadiah juara bagi setiap pemenang perlombaan yaitu juara satu dua dan tiga serta best speaker untuk perlombaan debat.Juara satu dua dan tiga untuk cipta puisi, penulisan opini hukum dan orasi ilmiah serta juara satu terbaik untuk perlombaan akustik. Hadiah dari seluruh perlombaan yang di adakan ini berjumlah jutaan rupiah dan dibagikan secara langsung kepada setiap pemenang, ujarnya lagi Azman.

Azman menambahkan, dengan diselenggarakannya acara Law Fair IV ini mahasiswa dapat tetap aktif dalam melakukan kegiatan yang bersifat positif serta tetap berkarya dan beraktifitas dengan baik walaupun sedang berada di masa pandemi.

BACA..  PGRI Aceh Utara Umumkan hasil perlombaan Lewat Zoom Meting

“Selamat kepada setiap pemenang pertandingan dan jangan putus asa bagi yang belum berhasil karena setiap orang memiliki kesempatan untuk menang,” ucapnya.

Ia berharap dengan diadakannya acara ini dapat meningkatkan daya saing setiap mahasiswa yang mengikuti kompetisi ini.

Sementara itu, Prof.Dr Jamaluddin S.H M.Hum selaku Dekan Fakultas Hukum Universitas Malikussaleh mengatakan kami sangat mendukung setiap kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa selagi bersifat positif dan mampu meningkatkan daya saing antar mahasiswa.

“Jangan lalai dengan keadaan yang sedang terjadi saat ini, mahasiswa juga tetap harus menyelesaikan studinya karena itu sangat penting bagi setiap mahasiswa,” ujar Prof Jamaluddin.

Dirinya juga mengucapkan selamat kepada seluruh pemenang perlombaan dan jangan patah semangat kepada yang belum berhasil, teruslah berusaha, teruslah belajar karena semuanya memiliki kesempatan yang sama untuk menang dan terima kasih kepada pihak panitia dan PD III Fakultas Hukum Bapak Hadi Iskandar S.H M.H yang selalu senantiasa mendampingi dan mendukung kegiatan kemahasiswaan, tutup Prof.Dr Jamaluddin S.H M.Hum.(*).