Gelar Baksos, Pangdam Serahkan Bantuan Kursi Roda dan Kaki Palsu

oleh -69 views

Sabang (ADC). Panglima Kodam Iskandar Muda Mayjen TNI Teguh Arief Indratmoko, membuka langsung kegiatan Bakti Sosial (Baksos) yang berlangsung di Pelabuhan Container Terminal 3 (CT-3) Lanal Sabang, Kamis (04 Oktober 2018). Pembukaan Baksos ini, di ditandai dengan pemukulan beduk oleh Pangdam.
Kegiatan yang diselenggarakan oleh Mabes TNI tersebutdalam rangka Hari Ulang Tahun TNI ke 73 tahun 2018.
Pembukaan kegiatan tersebut, turut dihadiri Pangkoarmada I Laksamana Muda TNI Yudo Margono, S.E., M.M., Kadiskesal Laksamana Pertama TNI drg. R.A. Nora Lelyana, Kaladokgi TNI AL R.E. Martadinata Laksamana Pertama TNI drg. R. Indra Primadya, M.A.P., Kapok Sahli, Irdam, Danrem 011/LW dan 012/TU,  para Asisten Kasdam IM, para Dansat Jajaran Kodam IM, Danlanud SIM, Danlanal Sabang.
Selain itu, turut juga dihadiri Wakapolda Aceh Brigjen Pol Drs Supriyanto Tarah MM, Walikota Sabang Nazaruddin, Ketua Dharma Pertiwi Daerah R Ny. Cut Soraya Teguh Arief Indratmoko dan puluhan ibu-ibu Dharma Pertiwi Daerah R serta ribuan masyarakat Kota Sabang.
Kegiatan Baksos dalam rangka Hut TNI ke 73 dimulai dari, Sunat massal (Khitanan), Operasi katarak dan bibir sumbing, Pengobatan massal, Poliklinik mata, THT, Saraf, anak, Bedah, Penyakit dalam, Gigi, Poliklinik umum dan apotik.
Selain itu, juga ada pelayanan Keluarga Berencana (KB) dan Spesialistik, Inspeksi Visual Asetat (IVA), Vaksin.
Tak hanya itu, TNI juga memberikan bantuan berupa kursi roda (50 unit), kaki palsu (30 unit), alat bantu dengar (25 unit)dan kaca mata baca (500 pasang) bagi masyarakat yang membutuhkannya.
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dalam sambutannya yang dibacakan oleh Panglima Kodam Iskandar Muda, Mayjen TNI Teguh Arief Indratmoko mengatakan, bahwa kegiatan bhakti sosial yang dilaksanakan oleh TNI ini, merupakan perwujudan dari bentuk kepedulian sosial TNI kepada rakyat.
“Dengan adanya kegiatan ini, bisa meringankan dan mengatasi kesulitan yang dihadapi rakyat. Disamping itu juga, sekaligus bisa memperkokoh kemanunggalan TNI dengan Rakyat,” harap Panglima TNI.
Selain itu, Panglima TNI menyampaikan, bahwa kegiatan baksos ini terselenggara atas kerja sama TNI dengan Oase Kabinet Kerja, Kementerian Kesehatan RI, Dharma Pertiwi, Pemda Provinsi/ Kabupaten/Kota serta para Mitra.
Kerjasama ini menunjukkan bahwa pembangunan nasional memerlukan sinergi yang erat dari seluruh komponen bangsa. Untuk itu kepada semua pihak yang telah mendukung kelancaran pelaksanaan kegiatan ini.
“Saya ucapkan terima kasih dan penghargaan yang tulus, semoga kerja sama yang telah terbina selama ini akan terus berlanjut dimasa mendatang dan menjadi sumber inspirasi positif dalam membangun negeri ini,” ucap Panglima TNI dalam sambutannya yang dibacakan Pangdam IM.
Usai membuka kegiatan tersebut,  Mayjen TNI Teguh Arief Indratmoko, juga memberikan bantuan berupa kursi roda , serta bantuan kaki buntung secara simbolis kepada perwakilan (masyarakat). Selanjutnya Pangdam IM yang turut didampingi ibu Ketua Dharma Pertiwi daerah R, melaksanakan peninjauan ke posko-posko pengobatan yang telah di siapkan. (Ahmad Fadil/Rel)