MT Gadu 2019, Distanpan Abdya Sediakan 56 Unit Traktor 4WD

oleh -71 views
Kepala Distanpan Abdya, drh Nasruddin

Abdya (ADC) Memasuki musim tanam (MT) Gadu tahun 2019 Dinas Pertanian dan Pangan (Distanpan) Aceh Barat Daya (Abdya) terus meningkatkan sarana prasarana pendukung. Salah satunya, dengan menyediakan 56 unit traktor besar jenis 4WB.

Kepala Distanpan Abdya, Nasruddin menyebutkan, dalam upaya mempercepat proses pengolahan lahan pihaknya sudah menyediakan traktor besar jenis 4WD yang siap operasi untuk membantu petani menggarap 10.289 Hektare lahan yang tersebar di Sembilan kecamatan yang ada di Abdya.

BACA..  PDA Resmi Berganti Nama Menjadi Partai Darul Aceh

“Satu kecamatan kita kerahkan 5 sampai 6 unit traktor handtraktor juga dioperasikan oleh kelompok tani yang masih bisa mengoperasikan traktor tangan tersebut,” kata Nasruddin. Jumat 5 Juli 2019.

Nasruddin juga menyebutkan, saat ini petani di empat kecamatan sudah mulai mengolah lahan sawah meskipun baru siap panen musim tanam rendengan tahun 2019. “Petani yang sudah mulai menggarap lahannya saat ini baru empat kecamatan, yakni kecamatan Tangan-Tangan, Setia, Susoh dan Kuala Batee, sisianya dalam beberapa hari kedepan juga akan memulai,” sebutnya.

BACA..  Buka Rapat, Ketua DPRA: Dinamika Dalam Pembahasan Jadi Referensi

Untuk kegiatan tanam serentak MT Gadu 2019 ini, sebut Kadistanpan Abdya akan dipusatkan di areal sawah Desa Blang Dalam, Kecamatan Susoh pada 10 atau 11 Juli mendatang. “Dijadwalkan tanam serentak dimulai tanggal 10 – 11 Juli ini di areal persawahan desa Blang Dalam, Susoh,” papar Nasruddin.

Seperti diberitakan, hasil musyawarah yang disepakati bersama antara pemerintah dengan petani menyebutkan bahwa  MT Gadu 2019 dipercepat. Dengan harapan, bila kegiatan MT Gadu itu berhasil, maka kegiatan panen MT Rendengan 2019 bisa dilaksanakan sebelum bulan Desember mendatang.

BACA..  DPRA Ingatkan Pemerintah Aceh Untuk Perbaiki Tata Kelola Pemerintahan

Selain itu, jika target pelaksanaan MT Gadu 2019 tercapai, maka tahun 2020, petani di Kabupaten Abdya akan memiliki banyak waktu untuk melaksanakan tiga kali tanam setahun, tidak seperti MT Gadu 2019 ini yang molor hingga dua bulan.(MT).