Terowongan Geurutee Diungkit, Begini Janji Nova Tujuh Tahun Silam

oleh -52 views
Terowongan Geurutee
Ilustrasi Terowongan Geurutee/ Foto: lintasgayo.co_
example banner

example banner

BANDA ACEH (AD)– Terowongan Geurutee dinilai sangat penting untuk melancarkan transportasi ke wilayah barat selatan Aceh. Hal itu diingatkan kembali oleh anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) dari Fraksi Partai Aceh, Tarmizi, Selasa, 04 Mei 2021.

“Jika bisa terowongan Geurute diperjuangkan kembali,” ujar Tarmizi mengingatkan.

Sekedar diketahui, saat menjadi anggota DPR RI asal Aceh, Ir Nova Iriansyah MT pernah mewacanakan pentingnya pembangunan terowongan (tunnel) di Gunung Geurutee–lintas Banda Aceh-Aceh Jaya, mengingat ruas jalan yang melintasi gunung tersebut tidak mungkin diperlebar lagi.

BACA..  Hendak Menjalankan Tugas Jurnalistik Sicurity Suzuya Mall Usir Wartawan

“Harus dibuka kemungkinan untuk pembukaan trase baru bahkan kemungkinan untuk pembuatan terowongan di Geurutee. Kita di Komisi V DPR RI siap merespons hal itu,” kata Anggota Komisi V sebagaimana dilansir https://aceh.tribunnews.com, Rabu, 28 Agustus 2013, atau 7 tahun silam.

BACA..  Hendak Menjalankan Tugas Jurnalistik Sicurity Suzuya Mall Usir Wartawan

Saat itu, Nova mempersilakan Pemerintah Aceh, DPRA, Pemerintah Kabupaten Aceh Besar, dan Aceh Jaya memformulasikan kemungkinan peningkatan ruas jalan sepanjang jalur Geurutee.

“Komisi V akan merespon hal ini tentu dengan dukungan perangkat pemerintahan di Aceh,” tukas Nova Iriansyah yang saat itu menjabat Wakil Ketua Tim Pemantau Otsus Aceh-Papua DPR RI.

BACA..  Hendak Menjalankan Tugas Jurnalistik Sicurity Suzuya Mall Usir Wartawan

Permintaan anggota DPR Aceh itu ternyata bukan hal baru. Namun secara terpisah, anggota dewan itu juga memuji Pemerintah Aceh karena berhasil mendapat WTP dari BPK RI hingga enam kali berturut-turut.